Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Material Rak TV yang Sesuai dengan Dekorasi Ruangan

Kompas.com - 15/11/2021, 15:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi (TV) sering menjadi titik fokus di sebuah ruangan sehingga memilih tempat dudukan atau rak TV menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan agar memberikan dekorasi menarik.

Melansir dari Bluecinetech, Senin (15/11/2021), rak TV memiliki berbagai warna dan bahan sehingga perlu memperhatikan dekorasi yang ada di dalam ruangan tersebut. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Layar TV

Warna rak TV harus sesuai dengan dekorasi dan gaya ruangan. Misalnya, jika dilihat dari ruang tamu, perlu mencocokan dengan gaya furnitur yang ada pada ruangan. 

Jika memiliki gaya modern berteknologi tinggi di ruang tamu, rak TV kaca atau logam mungkin yang terbaik untuk Anda.

Artinya, dudukan TV harus melengkapi dekorasi daripada warna televisi. Jika dekorasi Anda sebagian besar berwarna putih, jangan takut membeli dudukan TV putih untuk menampung TV hitam.  

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Garis-garis di Layar TV Datar 

Material rak TV 

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah bahan rak TV. Apakah Anda lebih menyukao tampilan kaca modern, logam yang tajam, atau nuansa perdesaan dengan sedikit kayu?

Idealnya, pilih rak TV yang menyatu baik dengan bagian ruangan lainnya dan tidak menonjol. Ini tidak hanya mudah dilihat, tetapi juga akan meningkatkan efek keseluruhan ruangan yang telah dirancang.

Setidaknya, ada tiga jenis bahan utama yang dapat digunakan untuk TV. seperti berikut ini. 

Baca juga: Hilangkan Kuman dan Bakteri di Remote TV dengan Cara Ini

Kayu

Rak TV kayu sangat bagus karena banyaknya pilihan yang disajikan kepada konsumen. Anda bisa mendapatkan potongan kayu ringan seperti ek atau pinus atau potongan yang lebih gelap seperti maple atau abu.

Bahkan dapat membeli pewarna kayu atau pernis dan menerapkan warna yang dipilih.  

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Keluarga dengan TV agar Nyaman dan Apik

Kaca 

Rak TV kaca adalah material paling populer kedua dari tiga pilihan utama. Rak TV kaca sangat populer karena tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran serta tampilan 'modern' yang disediakan.

Kaca relatif murah dan hampir tidak ada batasan dalam desain untuk bisa mendapatkannya. Kaca juga bisa diwarnai. Artinya, dapat dengan mudah menemukan lebih banyak gaya dalam satu perabot.  

Baca juga: Ketahui, Ini Cara Tepat Membersihkan Layar TV yang Penuh Debu 

Logam 

Rak TV logam tidak terlalu populer, tetapi Anda masih dapat menemukan berbagai pilihan dudukan logam di pasaran jika menginginkan sesuatu yang sedikit lebih berat dan lebih kokoh.

Perlu dicatat bahwa rak kaca sering kali dilengkapi dengan penyangga logam untuk menyatukannya serta bisa datang dalam berbagai warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com