Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 11:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kepuasan tersendiri apabila kulkas atau lemari es Anda memiliki ukuran yang tepat untuk ruang dan kebutuhan keluarga di rumah. Akan tetapi, jika akhir-akhir ini kulkas sering bermasalah, mungkin sudah waktunya untuk membeli kulkas baru.

Namun, jangan langsung membeli kulkas baru. Lihatlah beberapa tanda kulkas perlu diganti dan cari tahu apakah permasalahan itu dapat diperbaiki atau tidak.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (25/10/2021), berikut beberapa tanda kulkas harus diganti yang harus Anda perhatikan.

Baca juga: Kulkas Bau? Atasi dengan Ekstrak Vanila

1. Makanan tidak sedingin yang seharusnya

Jika susu yang Anda beli beberapa hari lalu sudah mulai berbau aneh, bisa jadi karena kulkas sudah kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan suhu yang cukup dingin.

Ilustrasi kulkas, lemari es.SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Ilustrasi kulkas, lemari es.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), suhu kulkas yang ideal adalah harus berada di 4 derajat celcius ke bawah. Adapun suhu freezer yang ideal adalah minus 17 derajat celcius.

Keduanya dapat diperiksa dengan alat termometer. Jika penanda angka suhu kulkas tidak aktif, mulailah memilih kulkas baru

2. Kulkas berdengung

"Suara mendengung sepenuhnya normal. Suara ini adalah (berasal dari) bukaan katup air untuk mengisi pembuat es," kata Rebeccah Buurstra, manajer merek untuk Maytag.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Durian di Dalam Kulkas

Namun, jika suara kulkas lebih seperti getaran, kemungkinan besar kulkas Anda tidak stabil. Untuk mengatasi ini, kata Buurstra, sesuaikan sekrup leveling dan turunkan kaki leveling dengan kuat ke lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com