Kompas.com - 25/10/2021, 07:57 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka merupakan salah satu bahan makanan yang serbaguna. Selain digunakan untuk mengolah dan menambah cita rasa makanan, cuka juga merupakan produk pembersih alami yang baik.

Cuka dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Tidak hanya itu, cuka juga merupakan pembersih yang ampuh, murah, dan tidak beracun.

Beberapa benda di dapur terbukti bisa dibersihkan dengan cuka. Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (25/10/2021), berikut beberapa benda di dapur yang dapat dibersihkan dengan cuka.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

1. Kulkas

Anda sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia beracun untuk membersihkan kulkas yang merupakan tempat menyimpan bahan-bahan makanan. Sebagai gantinya, coba bersihkan permukaan kulkas dengan cuka putih.

Bersihkan tumpahan makanan atau minuman dengan campuran cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Anda bahkan dapat menyimpan sebotol campuran ini di dalam kulkas untuk mengurangi bau tidak sedap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Saluran air

Pilih sikat gosok yang cukup kecil untuk masuk ke saluran pembuangan di wastafel dapur. Tuangkan cuka ke sikat dan taburi dengan soda kue.

Menggunakan kombinasi ini dengan sedikit menggosok akan dengan cepat menghilangkan kotoran dan bau yang menumpuk dari saluran air.

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan 6 Benda Ini dengan Cuka

3. Talenan

Cuka sangat bagus sebagai disinfektan. Asam di dalamnya membantu membasmi bakteri jahat seperti E.coli, Salmonella, dan Staphylococcus.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.