Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 3 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda

Kompas.com - 08/10/2021, 23:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue adalah salah satu bahan pembersih alami yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan membersihkan rumah

Namun, ada beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan menggunakan baking soda lantaran bersifat abrasif sehingga dapat merusak benda. Untuk itu, perlu berhati-hati menggunakan baking soda. 

Baca juga: Cara Menyesuaikan pH Tanah dengan Cuka dan Baking Soda

 

Melansir dari The Kitchn, Jumat (8/10/2021), hal lain yang harus diperhatikan saat menggunakan baking soda adalah hindari menggabungkannya dengan bahan yang asam seperti cuka atau lemon.

Sebab, ketika bahan tersebut tercampur dan menggabungkannya dalam wadah tertutup seperti botol soda, hal ini dapat berpotensi meledak dan membahayakan Anda. Karena itu, hindari mencampur kedua bahan.

Nah, berikut ini beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan baking soda. 

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Menghilangkan Bau di Rumah 

Peralatan masak aluminium

Ketika menggunakan baking soda untuk membersihkan peralatan masak aluminium, Anda perlu berhati-hati membersihkannya dan perhatikan waktunya. 

Jika baking soda dibilas dengan cepat, mungkin baik-baik saja. Namun, membiarkan campuran baking soda terlalu lama pada permukaan peralatan masak aluminium dapat menyebabkannya teroksidasi, yang bisa membuat permukaan berubah warna. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Karpet dengan Baking Soda 

Perak antik

Menggunakan baking soda dan aluminium foil dapat dengan cepat menghilangkan noda dari perak, tapi sebaiknya hindari menggunakannya pada perak antik karena bisa terlalu abrasif serta merusak lapisan akhir.

Permukaan marmer

Ada beberapa ahli yang merekomendasikan menggunakan baking soda untuk membersihkan marmer, tapi beberapa produsen batu alam tidak menyarankannya. 

Meski baking soda hanya sedikit abrasif, aplikasi berulang dapat merusak permukaan marmer. Sebaiknya, tetap melakukan pembersihan khusus pada marmer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com