Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 15/06/2023, 14:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menanam atau merawat tanaman, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat keasaman atau pH tanah. Sebagian besar tanaman lebih menyukai pH tanah antara 6 dan 7, kata Garden Mosaics Cornell University, AS.

Tingkat pH di atas 7 bersifat basa dan kurang dari 7 bersifat asam. Beberapa tanaman lebih menyukai tanah asam kurang dari 6, seperti bunga lily, azalea dan hydrangea, sedangkan yang lain lebih menyukai tanah yang lebih basa dengan pH di atas 7, seperti thyme dan geranium.

Dikutip dari Hunker, cuka dan soda kue alias baking soda tidak hanya berguna untuk memasak dan membersihkan berbagai permukaan di rumah, tetapi juga berguna di kebun.

Baca juga: Catat, Ini Aneka Jenis Tanah yang Cocok untuk Tanaman

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.

Cuka dapat digunakan sebagai semprotan untuk membunuh gulma. Adapun larutan soda kue dapat digunakan untuk mengobati jamur bintik hitam pada mawar.

Tidak hanya itu, kedua bahan tersebut juga dapat digunakan untuk menaikkan maupun menurunkan pH tanah. Berikut cara menyesuaikan pH tanah dengan cuka dan baking soda.

1. Uji pH tanah

Uji pH tanah dengan menggunakan pH meter atau alat uji pH. Keduanya dilengkapi dengan instruksi, tetapi umumnya, tambahkan 1 sendok makan tanah ke cangkir, tambahkan air suling dan aduk.

Masukkan garpu meteran atau strip kertas lakmus tes ke dalam tanah. Meteran atau strip lakmus akan memberikan pembacaan pH.

Baca juga: Jenis Media Tanam Organik dan Anorganik Pengganti Tanah

2. Jika tidak memiliki alat ukur pH tanah

Lakukan tes pH versi buatan sendiri jika Anda tidak memiliki akses ke pengukur pH atau kit. Kumpulkan dua sampel tanah dari area yang sama.

Tambahkan air suling ke masing-masing dan aduk. Tambahkan 1 sendok makan cuka untuk yang pertama dan 1 sendok makan soda kue ke yang lain.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Hunker


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com