Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2021, 13:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu adalah salah satu bahan yang banyak digunakan pada furnitur dan lantai karena sifatnya yang kokoh dan mudah dibersihkan. Ketika terkena noda, Anda biasanya dapat membersihkan kayu dengan air sabun atau cuka putih.

Namun demikian, apakah baking soda yang merupakan bahan pembersih serbaguna dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kayu?

Dilansir dari Express, Jumat (16/7/2021), ahli kebersihan dan pemilik Natrie (@natrieclean di Instagram) Lauren Daly menyatakan, Anda tidak boleh menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaan kayu.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

 

Menurut Daly, baking soda dan kayu bukanlah pasangan yang serasi. Anda berisiko menghancurkan kayu saat membersihkannya dengan baking soda.

Ilustrasi baking soda atau soda kue. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi baking soda atau soda kue.

Pada dasarnya, baking soda sangat basa dan memiliki pH yang sangat tinggi, itulah sebabnya ia merupakan pembersih yang sangat baik.

Juga dikenal sebagai soda bikarbonat, baking soda menetralkan asam seperti makanan lama yang tersangkut di panci atau saluran pembuangan, bau asam di lemari es, dan noda asam pada furnitur.

Sifat pada baking soda inilah yang membuatnya berguna untuk membersihkan. Akan tetapi, asam tidak dapat bercampur dengan baik dengan kayu.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Hitam pada Wajan Keramik, Pakai Baking Soda

Sementara itu, kayu mengandung molekul yang disebut tanin, yang ditemukan di kulit pohon untuk melindungi pohon dari infeksi bakteri atau jamur.

Tingkat pH tanin bervariasi dari satu jenis kayu ke kayu lainnya, tetapi baking soda biasanya akan bereaksi dengan tanin dan menodai kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com