Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Kucing Terpopuler dan Banyak Dipelihara di Indonesia

Kompas.com - 16/09/2021, 08:36 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk kamu pecinta hewan pasti kamu tidak asing dengan hewan yang satu ini. Kucing adalah hewan peliharaan yang cukup populer di Indonesia karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan saat akan mengadopsi kucing peliharaan. Beberapa menyukai jenis kucing yang senang bermalas-malasan dan suka digendong, namun beberapa orang lainnya menyukai kucing yang lincah dan tidak bisa duduk diam.

Tiap ras kucing memiliki karakter yang berbeda-beda, membuat kita memiliki preferensi masing-masing saat akan memilih jenis kucing untuk dipelihara.

Melansir dari kanal Youtube X Science, Kamis (16/9/2021), 5 ras kucing ini adalah yang paling populer dan banyak dipelihara di Indonesia.

Baca juga: Alasan Kucing Melakukan Gerakan Melingkar Sebelum Tidur

Kucing Anggora

Kucing anggora HimalayaPINTEREST.com/PINTEREST Kucing anggora Himalaya

Kucing anggora menempati urutan pertama ras kucing yang paling populer sebagai kucing peliharaan di Indonesia. Anggora dikenal sebagai kelompok kucing tertua di dunia yang berasal dari daerah pegunungan Ankara di Turki.

Jika kamu memiliki kucing anggora, tentunya kamu menyadari jika ciri khas kucing ras ini adalah bulunya yang panjang dibagian leher, bentuk kepala seperti segitiga dengan hidung yang mancung. Kucing ini menjadi populer sebagai hewan peliharaan karena cukup lincah, aktif dan suka bermain.

Baca juga: Tips Mencari Kucing Peliharaan yang Tepat untuk Keluarga

Kucing Persia

Tak hanya di Indonesia, kucing persia juga masuk dalam daftar kucing populer di dunia. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Negara Persia yang kini berubah nama menjadi Iran.

Kucing ini sangat menggemaskan karena memiliki kepala berbentuk bulat, hidung pesek, dengan bulu yang lebat. Jika kamu memelihara kucing Persia, kamu tidak perlu khawatir kucing berlarian keluar rumah, karena dia sangat suka berada didalam rumah dan manja.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Merasa Kesepian? Ini Penjelasannya

Kucing Persia Himalaya

Kucing ini adalah hasil persilangan antara ras Persia dan ras Siam, hasilnya kucing Persia Himalaya memiliki karakter dan tubuh yang mirip dengan ras Persia namun warna bulu seperti ras siam.

Warna bulu kucing ini umumnya memiliki titik fokus di telinga, wajah, kaki dan ekornya. Jika kamu mencari jenis kucing yang tidak suka bermalas-malasan dan suka bermain, jenis kucing ini sangat cocok untukmu.

Baca juga: 6 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing

Kucing Mainecoon

Jenis kucing lain yang banyak diminati cat lovers di Indonesia adalah kucing mainecoon. Kucing yang berasal dari Maine, Amerika ini dikenal juga dengan kucing salju karena memiliki bulu yang lebat dan panjang.

Jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, kucing ini memiliki tubuh yang lebih besar dengan bulu yang tahan air. Karena bulunya tahan air, kucing ini tidak takut air dan mahir berenang.

Baca juga: 8 Alasan Paling Umum Mengapa Kucing Berbaring di Dada Pemiliknya

Kucing Kampung

Natalia Christanto, seorang dokter di Kota Banda Aceh bersama kucing peliharaannya di rumahnya di Desa Lamdingin, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Kamis (24/12/2020). Natalia saat ini memelihara 60 ekor kucing dari berbagai jenis dan ras di rumahnya, yang sebagiannya merupakan kucing kampung telantar yang diselamatkan dari jalanan.KOMPAS.com/RAJA UMAR Natalia Christanto, seorang dokter di Kota Banda Aceh bersama kucing peliharaannya di rumahnya di Desa Lamdingin, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Kamis (24/12/2020). Natalia saat ini memelihara 60 ekor kucing dari berbagai jenis dan ras di rumahnya, yang sebagiannya merupakan kucing kampung telantar yang diselamatkan dari jalanan.

Kucing kampung memiliki sifat yang liar dan bebas sehingga ia mudah beradaptasi dan sering ditemukan dimana saja. Meskipun liar, kucing kampung akan sangat jinak jika kamu sudah memeliharanya cukup lama dan dijinakkan.

Di Indonesia kucing kampung yang paling populer saat ini adalah kucing dengan bulu berwarna orange karena sifatnya yang unik. Perawatannya cukup mudah dengan sifat mandiri dan tidak pilih-pilih makanan membuatmu tidak kerepotan saat memeliharanya.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com