Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Melakukan Gerakan Melingkar Sebelum Tidur

Kompas.com - 15/09/2021, 20:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memelihara kucing, tentu pernah melihat kucing peliharaan tidur dengan posisi melingkar di atas sofa atau di tempat tidur.

Bahkan, untuk mendapatkan posisi melingkar yang nyaman tersebut, kucing perlu berputar terlebih dahulu untuk menemukan tempat atau posisi yang pas. 

Melansir dari Cuteness, Rabu (15/9/2021), gerakan melingkar ini sering dilakukan kucing saat hendak tidur, bahkan kucing akan bangun dan melakukan putaran kembali ketika posisi tidurnya kurang pas. Mengapa demikian? 

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Merasa Kesepian? Ini Penjelasannya

Memahami perilaku kucing 

Banyak perilaku yang dimiliki kucing diturunkan dari nenek moyang mereka yang liar. Salah satunya, melingkari tubuh mereka pada suatu area sebelum berbaring di atasnya seperti selimut, syal, atau pakaian

Kucing liar akan mengandalkan perilaku melingkar ini untuk mengatur suhu tubuh, baik dengan menutup rapat agar tetap hangat pada malam hari maupun menggali ke dalam tanah untuk menemukan tanah yang lebih sejuk guna beristirahat selama bulan-bulan hangat. 

Baca juga: 6 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing

Selain itu, kucing liar bergantung pada tidur untuk menghemat energi karena kucing adalah hewan pemburu dan membutuhkan banyak kekuatan untuk mengamankan makanan mereka berikutnya.

Selain itu, ada sikap lainnya yang dilakukan kucing sebelum tidur, yaitu menguleni atau gerakan seperti menepuk-nepuk sekitarnya.

Karena kucing liar dan kucing luar ruangan tidur tanpa selimut, mereka sering melakukan gerakan menepuk-nepuk seperti daun dan rumput untuk menciptakan lingkungan tidur yang lebih nyaman. 

Baca juga: Langkah-langkah Membersihkan Kotoran Kucing 

Bukan hanya tentang kenyamanan 

Di alam liar, kucing dibiarkan mempertahankan diri untuk melindungi diri dan rumah mereka dari kemungkinan pemangsa.

Karena kucing liar sering tidur di ruang seperti sarang, membuatnya rentan mengalami serangan dari musuh.

Beberapa penelitian percaya bahwa kucing akan melingakar atau berputar dan memposisikan tubuh mereka dengan cara paling ideal untuk menerjang dan melompat keluar dari bahaya. 

Baca juga: 8 Alasan Paling Umum Mengapa Kucing Berbaring di Dada Pemiliknya

Kucing rumahan atau kucing peliharaan kemungkinan tidak akan memiliki bahaya yang sama dengan kucing liar atau luar, tetapi perilaku ini telah menjadi kebiasaan setiap kucing.

Seekor kucing juga dapat melingkari selimut favoritnya sebelum tidur atau kapan saja. Ini dilakukan sebagai cara untuk menandai wilayahnya.

Kelenjar aroma dapat ditemukan di banyak area tubuh kucing, termasuk telapak kaki dan digunakan untuk menetapkan batas teritorial dengan kucing lain.

Menginjak, meremas, atau melingkari selimut sebelum tidur terus-menerus mungkin hanya salah satu cara kucing menandai suatu area sebagai wilayah.  

Baca juga: Gejala Keracunan Makanan pada Kucing 

Tidak semua kucing sama 

Namun, gerakan melingkar sebelum tidur ini tidak dilakukan semua kucing. Karena itu, jika Anda memperhatikan kucing berputar-putar secara kompulsif sebelum tidur atau selama waktu acak sepanjang siang atau malam, Anda harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

Sebab, hal itu bisa menjadi indikator masalah kesehatan yang lebih serius. Kucing dewasa yang lebih tua melakukan gerakan melingkar atau berputar untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan radang sendi.

Selain itu, beberapa kucing mungkin berputar sebagai akibat dari masalah neurologis, yang harus ditangani sesegera mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com