Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencari Kucing Peliharaan yang Tepat untuk Keluarga

Kompas.com - 15/09/2021, 19:46 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Memelihara kucing bisa membantu merekatkan keluarga. Kucing juga bisa menjadi tempat untuk keluarga mencurahkan kasih sayang. Namun jika ini adalah kali pertamamu memilih kucing untuk keluarga, pilihannya yang terlalu banyak bisa saja membuatmu bingung.

Kamu mungkin bisa memilih anak kucing karena dinilai menggemaskan. Tapi konsekuensinya, kamu harus memberikan kasih sayang dan melengkapi kebutuhannya akan makanan yang tepat dan kesehatannya termasuk memberikan mereka vaksin yang lengkap dan juga mainan penunjang.

Namun yang perlu diingat memelihara kucing dari mereka kecil bukan berarti kamu bisa memahami kepribadian mereka saat dewasa nanti.

“Menentukan seperti apa anak kucing saat dewasa itu sulit. Kamu tidak bisa mendeteksi kepribadian dewasa pada anak kucing seperti anak anjing," kata Dr. Terri Derr dari Veterinary Behavior Options di Minnetonka, Minnesota seperti dilansir dari Catster, Rabu (15/9/2021).

Bagaimana dengan kucing dewasa? Dr Derr mengatakan kucing yang lebih tua akan lebih mudah ditebak daripada anak kucing.

Baca juga: 6 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing

Kepribadian mereka berkembang dengan baik, dan ukuran mereka sudah pasti dan tidak lagi bertumbuh.

Kucing dewasa juga memiliki kemampuan untuk menghadapi anak kecil jauh lebih baik, karena mereka tahu bagaimana melarikan diri ketika mereka disakiti. 

Banyak dari kucing dewasa yang berada di selter hewan sudag dimandulkan atau dikebiri, dan sudah disuntik.

Atau, kamu juga bisa memilih kucing yang sudah senior. Leanne Lilly, ahli perilaku hewan dan asisten profesor di Ohio State University College of Veterinary Medicine, mengatakan kucing adalah manula pada usia 8 tahun.

“Pemilik mendapatkan gambaran yang bagus tentang seperti apa kucing ini, tetapi kamu harus mempertimbangkannya. mungkin memiliki lebih banyak masalah medis daripada perilaku," ujarnya.

Namun, hewan peliharaan ini cenderung mudah dirawat dan dengan kucing yang dapat hidup hingga usia remaja atau 20 tahunan, mengadopsi kucing senior bisa menjadi jawaban untuk kamu yang ingin kucing yang tenang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com