Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2021, 17:50 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com--Kita tentu tak suka adanya tikus di dalam rumah. Namun dalam membasminya tak semua orang tega membunuh hewan pengerat ini.

Untungnya, kamu dapat mengusir tikus tanpa meninggalkan bangkai kecil yag bisa saja berserakan di lantai, loteng, atau di mana pun mereka bersembunyi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengusir tikus dari rumah tanpa menyakitinya, sehingga kamu dapat menjaga rumah dan hati nurani sedikit lebih bersih, seperti dilansir dari Lifehacker, Minggu (15/8/2021).

Baca juga: 6 Pengusir Tikus Alami, Cabai Giling Kasar hingga Cengkih

1. Gunakan aroma 

Tikus membenci beberapa aroma tertentu, terutama peppermint. Kamu mungkin menyukai aroma pappermint baunya menarik, tetapi tikus lebih suka tinggal dengan kotorannya sendiri daripada berada di dekat minyak peppermint.

Untuk itu, rendam beberapa bola kapas di dalam barang dan menempatkannya di seluruh rumah.

Kamu juga bisa menggunakan cengkih untuk mengusir tikus. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menyebarkannya di area yang sering dilewati oleh tikus.

Tikus yang cerdik mungkin saja bisa menghindari aroma alami ini. Untuk itu, agar lebih efektif, kamu bisa menggabungkan aroma alami dengan cara dan taktik lain yang bisa dilakukan.

2. Tutup semua jalan masuk

Tikus bisa saja masuk melalui lubang dan retakan di dinding, lantai, dan fondasi tempat tinggal.

Tutup lubang yang mungkin digunakan tikus dengan kayu, lembaran logam, wol baja, atau benda lain yang sangat tahan lama dan pas di dalam lubang.

Dan yang paling penting, kamu harus memastikan rumah adalah lingkungan yang bersih sehingga keluarga tikus tidak akan tertarik.

Selain itu bersihkan juga rumah terutama di bagian yang berpotensi digunakan sebagai sarang tikus. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com