Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Desain Dapur yang Membuat Memasak Lebih Mudah

Kompas.com - 15/08/2021, 09:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan jantung rumah karena dari sinilah kegiatan dimulai. Dapur adalah ruang memasak yang menyediakan berbagai kebutuhan makanan dan kebutuhan lainnya di rumah. 

Memasak merupakan salah satu kegiatan atau pekerjaan menyenangkan di rumah. Sayangnya, memasak terkadang bisa menyebalkan bila tidak didukung desain dapur dan fitur yang ramah koki. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Merencanakan Dapur Impian

Misalnya, Anda harus bolak-balik mengambil air di wastafel saat sedang memasak hidangan. Tentu hal ini bisa membuat lelah dan menyebalkan sehingga membuat malas memasak. 

Nah, agar memasak lebih mudah dan menyenangkan, penting untuk mendesain dapur dan memasang beberapa fitur yang dapat membantu. 

Dilansir dari Taste of Home, Minggu (15/8/2021), berikut ini enam ide desain dapur yang membantu memasak lebih mudah serta menyenangkan. 

Baca juga: 4 Manfaat Baking Soda dalam Membersihkan Peralatan Memasak 

Rak pisau magnetik

Pisau adalah kebutuhan dapur yang penting, tetapi bisa sulit menyimpannya. Menyimpan pisau di dalam laci dapat berisiko mendatangkan cedera saat mengambilnya, ditambah sulit mencarinya saat dibutuhkan.

Sebagai solusi, gunakan rak pisau magnet. Alat praktis dan hemat ini menempel pada dinding atau backsplash Anda sehingga aman dan mudah mengambilnya. 

Baca juga: 3 Cara Mencuci Lap Dapur yang Kotor dan Bau

Pengisi panci

Kesal dan muak harus menyeret panci air raksasa dari wastafel ke kompor? Pertimbangkan untuk memasang pengisi panci atau pot fillet yang dipasang di dinding.

Fitur dapur kelas atas ini berupa keran air yang berada di atas jangkauan dan terhubung langsung ke saluran air rumah di rumah Anda.

Fitur ini membutuhkan pembukaan dinding, jadi simpanlah bila merombak dapur Anda berikutnya. 

Baca juga: 5 Lantai Dapur yang Tidak Licin dan Perawatannya Mudah 

Meja blok daging

Persiapan makanan menjadi jauh lebih mudah berkat meja blok daging. Peralatan ini cocok dengan hampir semua desain dapur dan berfungsi ganda sebagai talenan raksasa.

Namun, perlu dingatlah bahwa meja blok daging ini membutuhkan perawatan cukup besar perawatan setahun sekali.  

Baca juga: Hindari, Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan di Dapur 

Wastafel ganda

Jika wastafel dapur Anda membuat memasak menjadi berat, pertimbangkan menggunakan wastafel ganda.

Fitur praktis ini memudahkan untuk melakukan banyak tugas. Anda dapat membilas produk segar, mencuci piring kotor, dan mengisi panci tanpa gangguan apa pun. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit 

Kitchen island portable

Sebuah kitchen island portable atau meja dapur yang bisa dipindahkan adalah cara mudah untuk menambahkan penyimpanan tambahan dan ruang counter ke dapur.

Anda akan mendapat imbalan yang sama seperti merombak dapur, tetapi tanpa harga tinggi. Meja dapur portable ini datang dalam berbagai ukuran dengan berbagai fitur sehingga mudah menemukan model atau desain yang sesuai dengan gaya dapur Anda. 

Baca juga: 9 Tempat Persembunyian Jamur yang Bisa Mengintai Dapur

Banyak pencahayaan

Pencahayaan dapur yang berkualitas penting dimiliki karena membantu kegiatan memasak menjadi lebih mudah seperti membaca resep serta membuat dapur menjadi tempat yang lebih menyenangkan.

Saat merencanakan mendesain dapur, pertimbangkan perpaduan pencahayaan alami dan buatan. Cahaya alami ditentukan oleh arah mata angin yang menghadap dapur, sedangkan cahaya buatan datang dalam bentuk perlengkapan seperti lampu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com