Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2021, 21:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin memelihara kucing dan anjing sekaligus di rumah, maka carilah ras anjing yang memang dikenal akur dengan kucing. Ras tertentu memiliki kecenderungan yang membantu mereka bergaul dengan spesies lain.

Misalnya, banyak anjing pekerja dikembangbiakkan untuk menjaga dan melindungi anggota keluarganya, termasuk hewan lain. Beberapa anjing, terutama anjing pelacak, dibiakkan untuk bekerja sama dalam kawanan, jadi mereka biasanya ramah dengan hewan lainnya.

Adapun anjing yang gemar beraktivitas fisik, seperti retriever dan spaniel, biasanya bergaul dengan siapa saja, termasuk kucing.

Baca juga: 5 Fakta Anjing Doberman, Si Penjaga Terbaik di Dunia

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (14/8/2021), berikut beberapa ras anjing yang dapat hidup berdampingan dengan kucing sebagai hewan peliharaan.

Karakteristik anjing yang akur dengan kucing

Secara umum, banyak ras anjing dengan daya dorong mangsa yang tinggi tidak cocok untuk rumah dengan kucing. Misalnya, gerakan kucing dapat memicu anjing pemburu untuk mengejarnya.

Anjing yang umumnya ramah dan senang berteman dengan siapa pun cenderung lebih baik dengan kucing. Selain itu, anjing dengan tingkat energi rendah hingga sedang baik untuk kucing.

Tidak hanya itu, ras anjing yang biasanya menyenangkan orang dan dapat dilatih sangat ideal, karena dapat diajari cara hidup berdampingan dengan kucing.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengusir Kutu pada Anjing

1. Beagle

Beagle menggunakan indera penciuman mereka yang luar biasa untuk mengendus mangsa. Anjing ini secara tradisional berburu dalam kelompok besar dengan pemburu, baik dengan berjalan kaki atau menunggang kuda, jadi mereka harus bergaul dengan hewan lain.

Beagle suka berteman dan menyenangkan. Sebagian besar akan hidup bahagia dengan hewan lain, termasuk kucing, yang kemungkinan besar dipandang sebagai anggota kawanan lainnya.

2. Basset Hound

Seperti beagle, basset hound juga merupakan anjing yang mengandalkan indera penciuamannya. Ras anjing ini pun ramah dan bersahabat.

Dengan kaki yang pendek dan tubuh yang panjang dan berat, basset hound juga bergerak lambat, yang ideal untuk hidup dengan kucing, karena kemungkinan besar tidak akan menakuti atau mengintimidasi Si Meong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com