Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing yang Ramah dan Cocok Dipelihara Anak-anak

Kompas.com - 08/08/2021, 14:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan peliharaan yang dapat beradaptasi dan bersahabat baik oleh siapa pun, termasuk anak-anak. 

Anjing dan anak-anak dikenal bersahabat baik. Anjing tak hanya menjadi teman bermain bagi anak, tetapi juga menjaga dan mengajari anak-anak bertanggung jawab, menyayangi anak-anak, dan bekerja sama dengan baik. 

Baca juga: 9 Makanan Ini Ternyata Berbahaya untuk Anjing

Namun, tak semua ras anjing dapat bersahabat baik dengan anak-anak dan cocok dipelihara mereka. Pasalnya, ada beberapa ras anjing tida cocok dipelihara anak lantara dapat mengancam keselamatan anak.

Karena itu, sebelum mengadopsi anak anjing atau mencari sahabat untuk anak Anda, sebaiknya mencari tahu terlebih dulu ras anjing terbaik untuk anak-anak .

Beberapa anjing lebih cocok sebagai teman bermain untuk anak-anak yang lebih besar, sebagaian yang lain memiliki jiwa yang lembut dan sabar terhadap anak kecil.

Nah, melansir dari laman Good Housekeeping, Minggu (8/8/2021), berikut ini ras anjing yang ramah dan cocok dipelihara anak-anak.  

Baca juga: Kenapa Anjing Melolong? Cermati 4 Penyebabnya Ini 

Alaskan Malamute

Alasan malamute hidup untuk kawanan atau kelompoknya, baik manusia maupun anjing. Meski bertubuh besar dan masih satu famili dengan Siberian Husky, Alasakan Malamute justru memiliki sifat yang lembut, ramah, dan baik hati.

Ras anjing ini juga merupakan penjaga yangs setia sehingga cocok dipelihara dan emnajdi sahabat anak-anak.  

Beagle 

Ilustrasi ras anjing beagleUnsplash/Artem Beliaikin Ilustrasi ras anjing beagle
Beagle mempunyai kepribadian yang ramah, menyenangkan, dan bersahabat, ditambah tubuh yang imut dan menggemaskan.

Beagle menjadi pilihan tepat untuk dipelihara bagi Anda yang memiliki anak kecil lantaran mereka tidak akan membahayakan si kecil.  

Baca juga: 8 Ras Anjing Asal Jepang yang Lucu dan Menggemaskan

Cavalier king charles spaniel 

Ras anjing satu ini dikenal memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana pun, tetapi, Cavalier king charles spaniel sangat gesit dan semangat berolahraga sehingga cocok menjadi sahabat bagi anak-anak. 

Tak hanya itu, Cavaliers juga menggemaskan dan bergaul dengan hampir semua orang yang mereka temui, termasuk anak-anak dan anjing lainnya. 

Baca juga: Panduan Langkah Tepat Memandikan Anjing Peliharaan

Cocker spaniel

Ilustrasi ras anjing cocker spanielUnsplash/Kajetan Sumila Ilustrasi ras anjing cocker spaniel
Cocker spaniel merupakan anggota terkecil dari kelompok olahraga, tetapi ras anjing ini sangat lincah dan suka bermain, baik dengan anjing lain maupun anak-anak. Cocker spaniel juga ramah dan mampu melindungi anak-anak. 

Bichon frise

Sama dengan beagle, ras anjing Bichon frise juga memiliki sikap ramah, lucu, dan menyenangkan sehingga cocok dipelihara dan menjadi sabahat bagia anak-anak di rumah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com