Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perilaku Aneh Anjing dan Alasan Mengapa Hal Itu Dilakukan

Kompas.com - 10/08/2021, 23:37 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com-- Sebagai pemilik anjing kamu mungkin akan sering melihat perilaku aneh dari Si Doggy. Pertanyaan kemudian muncul, mengapa mereka melakukan ini?

Anjing peliharaan mungkin sering terlihat mengendus bokong anjing lain, atau bergulung-gulung di kotoran, padahal kamu baru saja memandikannya. 

Ini hanyalah beberapa contoh perilaku absurd yang dilakukan anjing. Namun hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberpaa contoh tingkah laku anjing dan juga penjelasannya seperti dilansir dari Lifehacker, Selasa (11/8/2021). 

Baca juga: 10 Ras Anjing dengan Usia Paling Panjang, Ada yang Sampai 29 Tahun

1. Makan tidak di mangkuk yang disediakan

Mungkin anjing memiliki kebiasaan mengeluarkan makanan dari mangkuknya dan makan di tempat yang tidak seharusnya, seperti lantai dapur atau halaman belakang.

Mengapa anjing membenci mangkuknya? Menurut Vet Street, ini adalah kebiasaan insting lama yang berasal dari kebiasaan berburu anjing di alam liar. Mensintesis penjelasan dari dokter hewan Dr. Julie Albright-Keck, publikasi itu menulis:

Ketika anjing di alam liar melakukan pemburuan, hewan-hewan yang lebih unggul itu menyeret potongan-potongan makanan sehingga mereka tidak perlu melawan pemimpin atau anjing yang lebih dominan untuk itu.

Pada dasarnya, anjing memindahkan makanannya dari mangkuknya untuk menghindari konflik, agar bisa makan dengan tenang.

Baca juga: Catat, Ini 8 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing

2. Mengencingi barang-barang

Jika kamu melihat anjing mengencingi barang atau tempat. Ini mungkin salah satu kebiasaan yang sering dilakukan, karena mengencingi sesuatu adalah hobi yang dihormati bagi mereka.

Menandai wilayah melalui kencing (dan terkadang buang air besar) adalah cara bagi anjing untuk memberi sinyal bahwa mereka telah berada di suatu tempat.

Ada kemungkinan anjing menandai wilayahnya beberapa kali untuk memberi tahu anjing lain bahwa mereka sebenarnya pernah berada di tempat tersebut. Namun berhati-hatilah, karena sering buang air kecil juga terkadang bisa berarti ada masalah kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com