Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2021, 13:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman bunga mawar yang rajin berbunga dan bunganya besar merupakan hal yang diinginkan setiap pemiliknya.

Namun, hal itu tidak bisa diperoleh begitu saja. Ada beragam cara yang perlu dilakukan agar tanaman mawar rajin berbunga dan bunganya besar sehingga tampak cantik serta menarik dipandang.

Dikutip dari kanal YouTube Pengangguran Senior, Selasa (10/8/2021), berikut ini cara  merawat tanaman mawar agar rajin berbunga dan bunganya besar. 

Baca juga: 8 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Pupuk Bunga Mawar

Beri cahaya matahari

Tanaman mawar harus mendapat cahaya matahari yang cukup agar proses fotosintesisnya berlangsung baik. Jadi, pastikan kebutuhan cahaya matahari bisa didapat tanaman mawar sepanjang hari.

Beri pupuk yang sesuai

Cara lainnya membuat mawar rajin berbunga adalah memberi pupuk yang sesuai dengan kebutuhannya. Pupuk yang paling baik untuk mawar adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan. 

Baca juga: 10 Warna Bunga Mawar yang Cantik, Dapat Ditanam di Rumah

Akan tetapi, jika sulit mendapatkan pupuk jenis tersebut, gunakan pupuk NPK atau pupuk kimia yang mengandung unsur hara utama, yakni nitrogen, fosfor, dan kalium.

Meski begitu, penggunaan pupuk NPK tidak boleh terlalu sering dan terlalu banyak. Sebab, jika berlebihan, dapat membuat tanaman mawar menjadi kering atau gosong, yang pada akhirnya mati. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Mawar yang Belum Diketahui

Siram secara teratur

Ketika cuaca sedang panas, penyiraman tanaman mawar harus dilakukan sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore. Namun, apabila cuaca tidak panas, cukup siram sekali saja dalam sehari setiap pagi hari.

Jika bunga mawar disimpan pada tempat yang mengadaptasi konsep rumah kaca, semisal di bawah naungan kanopi, siram setiap dua hari sekali apabila sedang musim hujan. 

Baca juga: Pakai 5 Bahan Ini agar Mawar Rajin Berbunga

Semprot daun dan bunga mawar setelah hujan

Jika kondisi cuaca hujan setiap hari, terlebih tanaman mawar terkena langsung air hujan, disarankan segera menyemprot daun serta bunganya dengan air biasa setelah hujan reda.

Hal ini penting dilakukan karena air hujan bersifat agak keras untuk tanaman bunga mawar.

Namun bila musim hujan berlangsung, kamu perlu rutin menyemprotkan pestisida agar mawar tahan terhadap guyuran hujan yang biasanya mengakibatkan bunga mawar rusak. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket

Beri insektisida atau fungisida

Tanaman mawar yang terserang hama membuatnya pertumbuhannya menjadi terhambat, bahkan membuat tanaman mati. Karena itu, beri insektisida atau fungisida agar tanaman mawar tidak terserang hama.

Penyemprotan insektisida atau fungisida perlu dilakukan minimal sebulan sekali dan maksimal dua minggu sekali saat musim kemarau.

Jangan lupa juga selalu membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh pada media tanam bunga mawar. 

Baca juga: Langkah Membuat Buket Bunga Mawar agar Awet di Dalam Vas

Potong tangkai mawar

Memotong tangkai atau batang mawar adalah cara merawat tanaman mawar agar rajin berbunga dan mendapat bunga yang besar. 

Pemotongan tangkai mawar bertujuan merangsang pertumbuhan tunas baru. Tunas baru akan tumbuh lebih baik dan menghasilkan bunga yang lebih baik pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com