Kompas.com - 27/07/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi bunga mawar merah. PEXELS/PICJUMBO.COMIlustrasi bunga mawar merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang mengasosiasikan mawar dengan cinta, terlebih diberikan pada hari kasih sayang atau Valentine. Namun, bunga-bunga indah ini lebih dari sekadar klise hari Valentine.

Mawar hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan corak yang menakjubkan sehingga menjadikannya bunga yang benar-benar beragam serta menjadi favorit di pekarangan di seluruh negeri. 

Baca juga: Pakai 5 Bahan Ini agar Mawar Rajin Berbunga

Selain itu, mawar juga menjadi bunga populer dan favorit di dunia. Lantaran menjadi bunga populer, membuat fakta bunga mawar cukup banyak diketahui orang. Namun, tak sedikit pula yang masih belum mengetahui fakta bunga terindah di dunia ini.

Nah, melansir dari laman Better Homes and Gardens, Selasa (27/7/2021), berikut ini enam fakta menarik bunga mawar yang mungkin belum diketahui. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket

Salah satu bunga tertua

Para arkeolog telah menemukan fosil mawar berumur 35 juta tahun. Lebih mengejutkan, mawar tertua yang masih hidup berusia 1.000 tahun. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mawar abadi yang mengesankan ini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman. Tidak heran, jika mawar telah menjadi rujukan atau inspirasi dalam sastra dan musik selama berabad-abad. 

Baca juga: Langkah Membuat Buket Bunga Mawar agar Awet di Dalam Vas 

Bunganya bisa dimakan 

Tak hanya menjadi buket bunga dan dekorasi, ternyata kelopak mawar dapat dimakan dan air mawar (dibuat dari perendaman kelopak) sering ditambahkan ke jeli atau selai atau digunakan sebagai penyedap masakan India dan Cina.

Mawar juga menumbuhkan buah berbentuk berry yang disebut pinggul mawar. Buahnya bisa berwarna oranye, merah, ungu tua, bahkan hitam.

Pinggul mawar dikemas dengan vitamin C dan dapat digunakan dalam koktail atau dikeringkan untuk membuat teh yang menyegarkan. 

Baca juga: Tips Mudah Menanam Mawar dari Stek 

Aroma mawar digunakan dalam parfum

Aroma bunga mawar adalah aroma bunga yang populer, bahkan banyak digunakan dalam parfum wanita. Ini merupakan salah satu fakta menarik bunga mawar. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.