Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menata Kamar Tidur agar Terlihat Nyaman dan Indah

Kompas.com - 03/08/2021, 18:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur adalah ruang yang umumnya paling lama ditempati oleh kebanyakan penghuni rumah. Tak heran, banyak orang berusaha menciptakan kamar tidur yang nyaman dan indah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman dan indah, asalkan kamu kreatif dan jeli melakukannya. 

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (3/8/2021), berikut ini adalah cara menata kamar tidur agar nyaman dan indah. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membuat Pengharum Alami untuk Kamar Tidur

Gunakan warna cat halus

Alih-alih menggunakan warna cat yang mencolok, pilih warna yang menenangkan dan palet warna monokromatik. Biru yang lembut, lavender, atau hijau dianggap sebagai warna yang menenangkan dan tenteram.

Warna kaya permata membantu mengatur suasana kesenangan dan kenyamanan, ini termasuk warna cokelat panggang, delima, atau topas. Gunakan versi warna favoritmu yang lebih lembut untuk kamar tidur. 

Baca juga: 4 Pilihan Warna Kamar Tidur yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Seleksi furnitur

Kamar tidur yang penuh dengan furnitur dan aksesori bisa membuat tampak berantakan dan pengap. Coba perhatikan apakah kamu benar-benar membutuhkan semua furnitur yang ada dalam kamar tidur?

Salah satu cara menata kamar tidur agar terlihat nyaman dan indah adalah menyingkirkan furnitur yang jarang dimanfaatkan. Dengan begitu, menciptakan lebih banyak ruang sehingga membuat kamar tidur terasa lebih luas sekalipun ukurannya minimalis. 

Baca juga: Akuarium di Kamar Tidur, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Jangan mengabaikan plafon

Plafon adalah dinding kelima dalam sebuah ruangan. Tambahkan pola halus atau warna lembut pada plafon agar tidak terlihat hambar dan kosong saat berbaring di tempat tidur.

Cat plafon dengan warna yang sedikit lebih terang. Ini akan membantu menurunkan plafon secara visual dan memberi perasaan nyaman dan intim.

Solusi lain, memasang stensil atau wallpaper plafon dalam berbagai model untuk menambahkan elemen arsitektur. 

Baca juga: 6 Langkah Penting Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Buat satu titik fokus

Ketimbang mencoba menjejalkan terlalu banyak ide ke dalam satu ruangan, pikirkan baik-baik satu fitur utama yang ingin diciptakan di kamar tidur.

Sebagai contoh, kamu bisa memprioritaskan dinding bertekstur dengan fitur pencahayaan untuk menjadi titik fokus utama ruangan.

Tapi, jangan terlalu banyak memiliki fitur atau titik fokus karena hal tersebut membuat kamar tidur terasa kurang rapi. Satu titik fokus akan membuat kamar tidur terlihat lebih indah. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Energi Negatif di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Jaga kamar tidur tetap sederhana

Kamar tidur harus terlihat nyaman dan elegan, tetapi tetap sederhana terlepas dari gaya dekorasi yang dipilih.

Lengkapi kamar tidur hanya dengan apa yang kamu butuhkan. Tempat tidur, satu atau dua meja samping tempat tidur, meja rias, dan kursi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com