Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Dapat Menghadirkan Ketenangan di Rumah

Kompas.com - 03/08/2021, 17:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, banyak orang mengubah ruang mereka menjadi tempat yang nyaman dan menenangkan layaknya sebuah ruang spa

Menghadirkan suasana nyaman dan tenang dalam ruangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya warna.

Seperti diketahui, warna cat tak hanya dapat mengubah tampilan dan suasana ruangan, tetapi juga mempengaruhi suasana hati seperti bahagia dan sedih. Dalam sekejap, warna tertentu dapat membuat Anda merasa percaya diri, tenang, nyaman, dan bahagia. 

Baca juga: 4 Pilihan Warna Kamar Tidur yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

"Warna adalah salah satu obat alami terbaik di sekitar Anda," katanya Eleyne Austen Sharp, pendiri Aura House di Rhode Island dan terapis warna bersertifikat.

Dengan mengecat kamar ruangan dengan warna yang tepat, dapat memberikan perasaan tenang dan mengusir stres. 

Melansir dari laman Martha Stewart, Selasa (3/8/2021), berikut ini lima warna cat yang dapat menghadirkan ketenangan di rumah

Baca juga: Warna Cat Dinding Ternyata Terlalu Gelap? Ini Trik Mengecatnya 

Biru

Jika ingin kamar tidur terasa seperti tempat peristirahatan spa pribadi, Anda dapat menggunakan warna biru.

"Biru adalah warna paling populer di dunia. Ini adalah warna kedamaian, ketenangan, komunikasi, dan kebenaran. Energi biru juga dapat membantu menurunkan tekanan darah,” kata Sharp. 

Baca juga: Inspirasi Warna Cat Dinding untuk Kamar Bayi, Bisa Warna Gelap

Hal ini karena ketika memikirkan warna biru, secara otomatis kita mengasosiasikannya dengan laut dan langit. "Di kamar tidur, biru menginspirasi ketenangan dan ideal untuk penderita insomnia," ucapnya.

Namun, perlu hati-hati mengaplikasikannya karena terlalu banyak warna biru dapat membuat merasa tertekan, jadi seimbangkan ruangan dengan warna netral atau warna bumi. 

Sebagai pertimbangan, gunakan warna biru pada dinding, kayu, pintu, dan furnitur di kamar tidur, kamar mandi, juga dapur.

Baca juga: 8 Daftar Warna Cat yang Bisa Tingkatkan Mood

Ungu 

Untuk ruang kerja di rumah, Sharp menyarankan mengaplikasikan warna cat ungu. Ungu dikaitkan dengan kebijaksanaan dan spiritualitas serta merupakan warna transformasi sempurna untuk terobosan besar Anda berikutnya.

Sebagai pilihan, Anda bisa memilih warna ungu seperti lavender dan anggrek. Namun, bila merancang ruang meditasi untuk refleksi, jauhi warna ungu terong dan ungu tua.

"Warna-warna ini terlalu intens dan dapat menyebabkan perasaan negatif dan takut, sementara membuat tamu merasa tidak nyaman, seolah-olah bersaing untuk mendapatkan perhatian." 

Baca juga: Ragam Paduan Warna Klasik yang Cocok untuk Segala Ruangan

Hijau

Hijau melambangkan harmoni, penyembuhan, regenerasi, dan cinta. Pilih hijau mint yang menenangkan, sage, atau hijau seledri untuk hampir semua ruangan di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com