Kompas.com - 03/08/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi aromaterapi, aroma, wewangian, bau. ShutterstockIlustrasi aromaterapi, aroma, wewangian, bau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat kamar tidur menjadi nyaman tidak hanya dilakukan dengan mendekorasi, tetapi bisa juga dengan memberikan aroma menyenangkan yang dapat  memberi perasaan nyaman, bahkan mencapai tidur yang nyenyak.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (3/8/2021) aroma yang tepat bisa langsung membuat kamar mandi terasa lebih segar, bersih, dan lebih nyaman.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Pengharum Ruangan Sendiri, Dijamin Hemat

Meski ada banyak produk pengharum kamar tidur di pasaran, penyegar udara komersial dan pembersih yang terbuat dari bahan kimia keras bukan satu-satunya cara mengharumkan ruangan. 

Sebagai alternatif, Anda dapat membuat pengharum ruangan sendiri menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau dan mengharumkan ruangan.

Anda bisa menggunakan beberapa bahan rumah tangga dan wewangian dari minyak esensial serta rempah-rempah untuk membuat pengharum ruangan alami. Berikut beberapa cara membuat pengharum alami untuk kamar tidur

Baca juga: 4 Pilihan Warna Kamar Tidur yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lemon dan kemangi

Aroma kamar tidur yang segarkan dapat diperoleh dari lemon dan kemangi . Untuk membuat semprotan ruangan DIY, mulailah dengan merebus 3/4 gelas air dalam panci atau ketel teh dan tuangkan ke dalam gelas ukur cair.

Tambahkan empat sendok makan kemangi kering dan biarkan selama beberapa menit. Lapisi corong dengan saringan kopi dan letakkan di lubang botol semprot yang dapat digunakan kembali. 

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Essential Oil sebagai Pengharum Ruangan

Tuang campuran kemangi dan air dengan hati-hati ke dalam botol semprot melalui saringan untuk menghilangkan ampas. Tambahkan 3/4 cangkir air suling dan lima tetes minyak esensial lemon ke dalam botol, lalu kocok hingga tercamour.

Setelah itu, semprotkan pengharum tersebut ke setiap ruangan di rumah, terlebih yang terdapat bau, sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Menjadi Pengharum Ruangan 

Baby oil

Buat diffusser versi DIY sederhana menggunakan baby oil. Tambahkan satu sendok teh minyak esensial favorit Anda ke dalam wadah kaca kecil dan isi sisanya dengan baby oil.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.