Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Pembersihan untuk Mencegah Penyebaran Kuman di Rumah

Kompas.com - 31/07/2021, 12:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber NHS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuman merupakan organisme mikroskopis yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia.

Akan tetapi, penyebaran kuman sulit dihindari karena dapat menyebar dari orang ke orang atau menyentuh peralatan atau permukaan yang tidak bersih. 

Baca juga: Dapur dan Kamar Mandi, Mana yang Paling Banyak Kuman?

Untuk menghentikan penyebaran kuman, kamu perlu fokus membersihkan area di rumah yang menjadi tempat penyebaran kuman seperti dapur dan toilet.

Dilansir dari NHS, Sabtu (31/7/2021), berikut ini adalah beberapa langkah pembersihan umum untuk mencegah penyebaran kuman di rumah. 

Baca juga: 4 Fakta Mengejutkan Tentang Penyebaran Kuman di Kamar Mandi

Area yang sering disentuh

Gunakan sabun dan air panas atau disinfektan untuk membunuh kuman pada area yang sering disentuh seperti gagang pintu, flush kloset duduk, saklar, remot, ponsel, dan masih banyak lagi.

Bersihkan pula area mana saja tempat kuman cenderung menyebar secara teratur, termasuk sesuatu yang baru disentuh atau digunakan.

Pastikan mengeringkan permukaan yang sudah dibersihkan atau didisinfeksi secara menyeluruh demi mencegah kuman yang tersisa bertahan hidup lantaran adanya kelembapan. 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pakaian Tetap Bersih dan Bebas Kuman

Kain dan spons

Disinfektan atau cuci kain yang dapat digunakan kembali dan spons pada suhu 60 derajat Celsius setiap kali selesai digunakan. Bila memungkinkan gunakan kain sekali pakai atau handuk kertas. 

Sikat pembersih

Bersihkan sikat secara teratur dengan detergen dan air hangat setelah digunakan. 

Baca juga: Awas, Gagang Pintu kulkas Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Pel dan ember

Gunakan dua ember air untuk mengepel, satu untuk larutan pembersih lantai dan satunya untuk membilas kain pel. Bersihkan dan keringkan pel serta ember setelah digunakan 

Kloset

Jaga lubang dan mangkuk kloset tetap bersih dengan menyiramnya setiap kali selesai digunakan. Gunakan pembersih toilet dan sikat setiap beberapa hari.

Hilangkan kerak secara teratur menggunakan produk pembersih kerak. Jaga kebersihan dudukan kloset, tutup kloset, hingga pegangan dengan menggunakan disinfektan. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Kuman di Kamar Mandi Menyebar

Bak mandi dan wastafel

Bersihkan bak mandi dan wastafel sesering mungkin jika digunakan secara teratur. Gunakan disinfektan jika seseorang yang sakit menggunakan bak mandi dan wastafel.

Shower

Bersihkan kepala shower sesering mungkin jika digunakan secara teratur.

Lantai dan tirai shower

Pastikan untuk selalu menjaga lantai dan nat dalam kondisi bersih dan baik. Bersihkan tirai kamar mandi sesering mungkin. 

Baca juga: Karbol Wangi Eucalyptus, Basmi Kuman Sekaligus Beri Keharuman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com