Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, 7 Tempat Tak Terduga Ini Jadi Sarang Kuman

Kompas.com - 15/01/2021, 08:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun kamu bekerja keras untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari bakteri dan virus penyebab penyakit, kemungkinan besar ada beberapa area penting yang kamu lewatkan.

Ya, bahkan jika kamu rajin membunuh kuman pada permukaan yang sangat mudah disentuh, seperti komputer, telepon genggam, gagang pintu, dan tuas keran, masih ada yang kamu lupakan.

Jangan khawatir, kamu tidak harus membersihkan setiap item dengan susah payah untuk membunuh kuman, cukup dengan sedikit sabun dan air serta disinfektan berkualitas.

Baca juga: 5 Benda yang Paling Banyak Menyimpan Kuman di Rumah

Siap mulai bekerja? Berikut ini adalah beberapa barang rumah tangga yang paling sering diabaikan untuk dibersihkan, beserta tips tentang cara membasmi kuman sebanyak mungkin, dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (15/1/2021).

1. Sakelar lampu

Kemungkinan kamu sudah tahu bahwa kuman ada di gagang pintu, keran, dan gagang peralatanmu. Tetapi, apakah kamu pernah berpikir bahwa sakelar lampu sama rentannya terhadap kuman?

Kamu dan semua orang yang satu rumah denganmu pasti menyentuh titik-titik ini beberapa kali sehari, yang berarti kamu ingin membersihkannya secara teratur dan membunuh kuman dan virus dengan disinfektan.

Cukup gunakan kain lembap untuk membersihkan debu dan kotoran, berhati-hatilah agar cairan tidak meresap di belakang sakelar.

Baca juga: Usir Kuman dan Bakteri dengan Bahan di Rumah, Pemutih hingga Setrika

Kemudian, gunakan lap desinfektan atau bola kapas yang dibasahi dengan alkohol isopropil 70 persen dan usap semua sisi sakelar dan pelat belakang.

Sekali lagi, berhati-hatilah untuk memastikan tidak ada cairan yang masuk dan biarkan mengering.

2. Microwave

Jika kamu memilikinya, pegangan microwave dan panel sentuh juga termasuk di antara tempat-tempat yang paling berkuman.

Menurut sebuah penelitian , 48 persen gagang pintu microwave mengandung cukup banyak bakteri untuk dianggap berisiko tinggi menularkan penyakit.

Untuk membersihkan peralatan memasak ini, pertama-tama seka minyak atau kotoran dari gagang dan panel sentuh dengan air sabun, lalu bilas dan keringkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com