Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 19:58 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu adalah salah satu pecinta tanaman hias namun tak memiliki cukup lahan untuk menanamnya di rumah, kamu dapat mencoba media hidroponik.

Selain hemat lahan, menanam tanaman hias dengan hidroponik dinilai lebih efektif dan membuat tanaman lebih cepat berbunga dibandingkan dengan media tanah.

Meskipun hampir semua jenis tanaman hias dapat ditanam dengan sistem hidroponik, namun setidaknya ada lima tanaman hias yang berkembang maksimal dengan cara hidroponik.

Baca juga: 5 Inspirasi Tanaman Hidroponik Indoor di Area Sempit

Melansir dari Gardening Chores, Jumat (30/7/2021), berikut ini lima jenis tanaman hias yang cocok ditanam dengan hidroponik.

1. Anggrek

Siapa yang tak kagum dengan indahnya bunga anggrek? Dengan total jumlah spesies lebih dari 30 ribu jenis anggrek, bunga ini memberikan bentuk daun dan warna bunga yang eksotis juga elegan untuk dijadikan tanaman hias.

Selain itu, bunga anggrek ini cocok untuk ditanam dengan hidroponik karena anggrek menyukai area dengan kelembapan tinggi dan dan sistem akar mereka menyerap nutrisi langsung dari udara.

Bahkan, kini banyak orang yang mengalihkan anggreknya dari tanah ke hidroponik. Selama kamu bisa memastikan bahwa suhu udara dan kelembapannya stabil, tanaman ini akan tumbuh subur dan cepat berbunga.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

2. Amarilis

Jika kamu menyukai ukuran bunga yang besar dan menjadikannya sebagai pusat perhatian dalam sudut rumah, maka amarilis adalah pilihan terbaik. Nah, amarilis menjadi salah satu tanaman hias yang cocok ditanam dengan hidroponik.

Sebab, metode ini membuat umbi tanaman lebih besar dan berakar kuat sehingga kamu bisa memindahkan media tanamnya ke tanah jika tak lagi menggunakan hidroponik. Amarilis juga dapat beradaptasi dengan baik.

3. Iris

Bunga iris adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di alam liar misalnya, di rawa-rawa hingga kolam air.

Beberapa spesies bunga iris tumbuh secara alami di air, seperti Iris variegata, Iris tectorum atau Iris versicolor.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com