Kompas.com - 30/07/2021, 15:10 WIB
Tanaman hidroponik pixabayTanaman hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya tanaman hidroponik menjadi salah satu tren berkebun yang mulai mendapat banyak minat di masyarakat, terutama rumah dengan lahan sempit.

Hidroponik merupakan sistem teknologi dalam budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanaman hidroponik juga bisa cepat panen.

Dikutip dari kanal YouTube Kagaiya Channel, Jumat (30/7/2021), berikut ini tujuh jenis tanaman hidroponik yang paling cepat panen.  

Baca juga: Waspada, Ini Pengaruh Air Hujan pada Tanaman Hidroponik

Kangkung

Kangkung adalah salah satu pilihan tanaman hidroponik yang banyak disukai masyarakat Indonesia karena cepat panen dan mudah dirawat.

Waktu tercepat untuk panen kangkung adalah sejak umur 21- 30 hari, selanjutnya bertahap setiap lima hari. 

Baca juga: Tanaman Hias Layu Bisa Segar Kembali dengan Oatmeal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bayam

Bayam merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman hidroponik yang mudah dirawat serta cepat panen.

Sama dengan kangkung, bayam juga cukup cepat dipanen. Panen bayam bisa dilakukan 25-30 hari setelah ditanam, kemudian bertahap lima hari sekali. 

Baca juga: Tanaman Hias Layu Bisa Segar Kembali dengan Oatmeal

Tomat

Hal yang penting diperhatikan saat menanam tomat secara hidroponik adalah kebutuhan intensitas cahaya yang lebih banyak.

Sayuran kaya manfaat ini bisa dipanen mulai usia sembilan minggu setelah tanam, selanjutnya setiap lima hari. 

Baca juga: Apa Benar Tanaman Bisa Menyaring Racun di Udara? Ini Penjelasannya

Cabai

Penyuka pedas bisa menanam cabai di rumah karena waktu panen yang cukup singkat. Panen pertama cabai dimulai pada usia sembilan minggu setelah tanam dan selanjutnya setiap lima hari sekali.

Sawi

Sawi yang ditanam dari biji bisa dipanen setelah 40-60 hari, sedangkan sawi yang berasal dari bibit bisa dipanen 25-30 hari setelah ditanam. 

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Alocasia dari Umbinya

Kacang panjang

Saat ditanam secara hidroponik, basanya kacang panjang akan mulai berbunga pada hari ke-30. Kemudian 15 hari mendatang kacang panjang sudah siap dipanen. 

Timun

Sayur yang menjadi dambaan penggemar lalapan ini bisa dipanen 30 hari setelah tanam. Selanjutnya. panen bisa dilakukan setiap seminggu sekali.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.