Salin Artikel

5 Jenis Tanaman Hias yang Dapat Ditanam dengan Hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu adalah salah satu pecinta tanaman hias namun tak memiliki cukup lahan untuk menanamnya di rumah, kamu dapat mencoba media hidroponik.

Selain hemat lahan, menanam tanaman hias dengan hidroponik dinilai lebih efektif dan membuat tanaman lebih cepat berbunga dibandingkan dengan media tanah.

Meskipun hampir semua jenis tanaman hias dapat ditanam dengan sistem hidroponik, namun setidaknya ada lima tanaman hias yang berkembang maksimal dengan cara hidroponik.

Melansir dari Gardening Chores, Jumat (30/7/2021), berikut ini lima jenis tanaman hias yang cocok ditanam dengan hidroponik.

1. Anggrek

Siapa yang tak kagum dengan indahnya bunga anggrek? Dengan total jumlah spesies lebih dari 30 ribu jenis anggrek, bunga ini memberikan bentuk daun dan warna bunga yang eksotis juga elegan untuk dijadikan tanaman hias.

Selain itu, bunga anggrek ini cocok untuk ditanam dengan hidroponik karena anggrek menyukai area dengan kelembapan tinggi dan dan sistem akar mereka menyerap nutrisi langsung dari udara.

Bahkan, kini banyak orang yang mengalihkan anggreknya dari tanah ke hidroponik. Selama kamu bisa memastikan bahwa suhu udara dan kelembapannya stabil, tanaman ini akan tumbuh subur dan cepat berbunga.

2. Amarilis

Jika kamu menyukai ukuran bunga yang besar dan menjadikannya sebagai pusat perhatian dalam sudut rumah, maka amarilis adalah pilihan terbaik. Nah, amarilis menjadi salah satu tanaman hias yang cocok ditanam dengan hidroponik.

Sebab, metode ini membuat umbi tanaman lebih besar dan berakar kuat sehingga kamu bisa memindahkan media tanamnya ke tanah jika tak lagi menggunakan hidroponik. Amarilis juga dapat beradaptasi dengan baik.

3. Iris

Bunga iris adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan di alam liar misalnya, di rawa-rawa hingga kolam air.

Beberapa spesies bunga iris tumbuh secara alami di air, seperti Iris variegata, Iris tectorum atau Iris versicolor.


Iris memang bunga yang sangat istimewa; mereka telah dibudidayakan selama ribuan tahun, di beberapa negara seperti Mesir hingga India. Bunga iris memiliki ciri khas kelopak bunganya mengarah ke berbagai sudut yang berbeda.

4. Bunga bakung

Bunga-bunga ini dapat ditemukan di padang rumput di Eropa, Afrika Utara dan Asia, tetapi mereka berasal dari Cekungan Mediterania.

Narcissus, sebagaimana bunga ini dikenal oleh para ilmuwan, telah menjadi tanaman hidroponik favorit, karena mudah ditanam dengan metode dasar kratky dan memiliki rentang vegetatif yang pendek.

5. Krisan

Banyak orang mengartikan bunga krisan sebagai lambang kebahagiaan. Kabar baiknya, mereka dapat tumbuh dengan baik dengan metode hidroponik.

Meski begitu, ketika usia tanaman ini menginjak 3 tahun, ia akan rentan terkena infeksi pythium tau alga parasit.

Sehingga sebaiknya kamu menyetek tanaman ketika usianya 2 tahun dan gunakan lumut gambut untuk media tanam hidroponik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/30/195834376/5-jenis-tanaman-hias-yang-dapat-ditanam-dengan-hidroponik

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.