Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Memberikan Pakan Cacing Sutra pada Ikan Cupang

Kompas.com - 28/07/2021, 14:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cacing sutra merupakan salah satu jenis makanan yang bisa diberikan pada ikan cupang selain jentik nyamuk dan kutu air. 

Tidak sedikit pencinta ikan cupang percaya bahwa cacing sutra merupakan makanan yang ampuh memperbesar ikan cupang. Namun, cacing sutra nyatanya bisa merugikan ikan cupang apabila diberikan secara berlebih. 

Baca juga: 3 Tips Perawatan Ikan Cupang yang Baru Dibeli agar Tetap Sehat

Dikutip dari kanal YouTube Ikan Cupang Channel, Rabu (28/7/2021), cacing sutra bisa sangat berbahaya bagi ikan cupang, khususnya ikan cupang remaja.

Saat ikan cupang masih remaja, ikan akan makan terus-menerus sampai perutnya membesar hingga tidak kuat berenang. Apabila ikan cupang remaja memakan cacing sutra secara berlebihan, hal itu bisa mengakibatkan kematian.

Karena itu, kamu harus betul-betul memperhatikan takaran pemberian cacing sutra untuk pakan ikan cupang

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Bertarung? Ternyata Ini Penyebabnya

Selain itu, tidak semua cacing sutra memiliki tekstur lembut dan halus seperti rambut. Beberapa ada yang berukuran besar dan panjang.

Cacing sutra berukuran besar ini menjadi salah satu faktor penyebab kematian pada ikan cupang remaja lantaran membuat perut ikan cupang tidak bisa mencernanya dengan baik. 

Baca juga: Kenali, Ini Ciri-ciri Ikan Cupang Betina yang Siap Kawin

Dibanding pakan yang lain, cacing sutra juga menjadi pakan yang sulit dicerna ikan cupang. Ikan cupang yang memakan cacing sutra berlebihan atau berukuran besar juga bisa mati dengan kondisi perut tampak merah. 

Dikutip dari kanal YouTube Kribo Plong, ikan cupang yang memakan cacing sutra secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kematian yang mengerikan. 

Baca juga: Cara Mengolah Daun Ketapang Agar Mutasi Ikan Cupang Menjadi Cepat

Saat memakan cacing sutra berlebihan, perut ikan cupang bisa menjadi bolong dan mengeluarkan cacing sutra.

Dengan mengetahui segala risiko yang dijelaskan di atas, jangan sembarangan memberikan cacing sutra untuk pakan ikan cupang milikmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com