Kompas.com - 28/07/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi kucing British shorthair Unsplash/Josh CouchIlustrasi kucing British shorthair

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah dirawat dengan baik di dalam ruangan dan mendapat perhatian penuh, tak jarang membuat beberapa kucing peliharaan memilih untuk kabur dari rumah pemiliknya.

Dilansir dari Pethelpful, Rabu (28/7/2021), kucing terkadang kabur dan menghilang, tetapi kemudian kembali lagi ke rumah. Kucing bisa menghilang selama beberapa hari, bahkan menghilang selamanya.

Baca juga: Catat, 9 Cara Mudah Menjaga Kucing Peliharaan Tetap Sehat

Bagi para pemilik, kondisi ini adalah hal yang menjengkelkan. Lantas, mengapa kucing kabur dan menghilang? Nah, berikut ini ragam penyebab kucing menghilang dari rumah.

Penasaran 

Sering kali kucing mengikuti rasa ingin tahu atau penasaran yang dimilikinya. Jadi, jika kucing secara alami berada di dalam dan luar ruangan, ada kemungkinan besar sahabat bulu menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya. 

Baca juga: Penyebab Infeksi Telinga pada Kucing dan Cara Mengatasinya 

Berahi

Biasanya, kucing jantan akan mencari kucing betina saat sedang berahi. Hal ini menyebabkan kucing keluar rumah, bahkan terkadang kucing tidak kembali lagi ke rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memilih untuk memandulkan, mengebiri, atau mensterilkan kucing demi mencegahnya melakukan pengembaraan, terutama kucing jantan yang mencari betina yang sedang berahi. 

Baca juga: Ini Alasan Kucing Melakukan Peregangan dan Manfaatnya 

Berburu 

Meski telah menjadi kucing peliharaan, kucing masih memiliki perilaku sama ketika mereka berada di alam liar. Tikus atau mangsa lainnya akan menarik perhatian kucing sehingga mereka pergi dari rumah. 

Wilayah 

Kucing merupakan hewan teritorial yang akan mempertahankan wilayah mereka. Karena itu, ketika ada kucing yang memasuki wilayah mereka, kucing akan mengejar untuk memenangkan kucing lain masuk ke wilayahnya. 

Baca juga: Kenapa Kucing Bersembunyi di Bawah Tempat Tidur? 

Makanan 

Penyebab kucing menghilang dari rumah bisa karena ada orang yang memberikan makan kepadanya dan ia tertarik sehingga keluar dari rumah.  

Penyakit

Beberapa kucing akan meninggalkan rumah pemiliknya ketika sedang sakit atau sekarat, bahkan jika kucing Anda tidak kembali lagi, ada kemungkinan sahabat bulu telah mati. 

Baca juga: 6 Alasan Pemilik Sebaiknya Ajak Kucing Bermain 

Cedera atau kematian 

Hal paling buruk yang menjadi penyebab kucing menghilang dari rumah adalah mengalami kecelakaan seperti tertabrak mobil atau terluka sehingga tidak bisa kembali lagi ke rumah. 

Gangguan 

Kucing bisa menghilang dari rumah karena ada hewan atau orang baru di rumah.

Selain itu, renovasi, perubahan besar, serta lingkungan yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab kucing menghilang dari rumah lantaran merasa tak nyaman. 



Sumber Pethelpful
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.