Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2021, 13:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pethelpful

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah dirawat dengan baik di dalam ruangan dan mendapat perhatian penuh, tak jarang membuat beberapa kucing peliharaan memilih untuk kabur dari rumah pemiliknya.

Dilansir dari Pethelpful, Rabu (28/7/2021), kucing terkadang kabur dan menghilang, tetapi kemudian kembali lagi ke rumah. Kucing bisa menghilang selama beberapa hari, bahkan menghilang selamanya.

Baca juga: Catat, 9 Cara Mudah Menjaga Kucing Peliharaan Tetap Sehat

Bagi para pemilik, kondisi ini adalah hal yang menjengkelkan. Lantas, mengapa kucing kabur dan menghilang? Nah, berikut ini ragam penyebab kucing menghilang dari rumah.

Penasaran 

Sering kali kucing mengikuti rasa ingin tahu atau penasaran yang dimilikinya. Jadi, jika kucing secara alami berada di dalam dan luar ruangan, ada kemungkinan besar sahabat bulu menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya. 

Baca juga: Penyebab Infeksi Telinga pada Kucing dan Cara Mengatasinya 

Berahi

Biasanya, kucing jantan akan mencari kucing betina saat sedang berahi. Hal ini menyebabkan kucing keluar rumah, bahkan terkadang kucing tidak kembali lagi ke rumah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memilih untuk memandulkan, mengebiri, atau mensterilkan kucing demi mencegahnya melakukan pengembaraan, terutama kucing jantan yang mencari betina yang sedang berahi. 

Baca juga: Ini Alasan Kucing Melakukan Peregangan dan Manfaatnya 

Berburu 

Meski telah menjadi kucing peliharaan, kucing masih memiliki perilaku sama ketika mereka berada di alam liar. Tikus atau mangsa lainnya akan menarik perhatian kucing sehingga mereka pergi dari rumah. 

Wilayah 

Kucing merupakan hewan teritorial yang akan mempertahankan wilayah mereka. Karena itu, ketika ada kucing yang memasuki wilayah mereka, kucing akan mengejar untuk memenangkan kucing lain masuk ke wilayahnya. 

Baca juga: Kenapa Kucing Bersembunyi di Bawah Tempat Tidur? 

Makanan 

Penyebab kucing menghilang dari rumah bisa karena ada orang yang memberikan makan kepadanya dan ia tertarik sehingga keluar dari rumah.  

Penyakit

Beberapa kucing akan meninggalkan rumah pemiliknya ketika sedang sakit atau sekarat, bahkan jika kucing Anda tidak kembali lagi, ada kemungkinan sahabat bulu telah mati. 

Baca juga: 6 Alasan Pemilik Sebaiknya Ajak Kucing Bermain 

Cedera atau kematian 

Hal paling buruk yang menjadi penyebab kucing menghilang dari rumah adalah mengalami kecelakaan seperti tertabrak mobil atau terluka sehingga tidak bisa kembali lagi ke rumah. 

Gangguan 

Kucing bisa menghilang dari rumah karena ada hewan atau orang baru di rumah.

Selain itu, renovasi, perubahan besar, serta lingkungan yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab kucing menghilang dari rumah lantaran merasa tak nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com