Kompas.com - 28/07/2021, 10:09 WIB
Ilustrasi kamar bayi dengan nuansa warna abu-abu dan kuning. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar bayi dengan nuansa warna abu-abu dan kuning.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar bayi merupakan hal yang menyenangkan bagi orang tua baru. Pastinya banyak yang ingin dilakukan untuk menjadikan kamar tersebut nyaman dan sempurna untung sang buah hati.

Namun, melansir dari The Spruce, Rabu (28/7/2021), ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendekorasi kamar bayi, terutama dalam hal kesehatan mereka.

Berikut beberapa cara mendekorasi kamar bayi yang harus dihindari karena dapat mengancam keselamatan mereka.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Bayi, Warna Dinding hingga Furnitur

1. Menggunakan bahan kimia berbahaya

Sementara sebagian besar ibu hamil memiliki ketakutan yang sehat terhadap asap cat, banyak yang tidak menyadari bahwa tempat tidur baru mereka yang indah atau karpet beraksen bergaya juga dapat membuat bayi mereka terpapar bahan kimia yang berpotensi berbahaya.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, furnitur baru, karpet, kasur, dan bahkan permadani dan penutup jendela dapat mengandung banyak senyawa organik volatil yang sama, atau VOC, yang ditemukan dalam cat.

Bahan kimia ini menguap seiring waktu tetapi, dalam prosesnya, menghasilkan asap yang bisa membuat Si Kecil sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara potensi efek VOC yang menakutkan, paparan relatif mudah dicegah. Pilih cat interior yang tidak berbau untuk kamar bayi Anda, dan pertimbangkan untuk memasang lantai kayu sebagai ganti karpet.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Kamar Bayi

Biarkan lemari dan laci terbuka dan kosong dari pakaian apa pun, dan tahan keinginan untuk menyiapkan tempat tidur bayi sampai kasur bayi Anda memiliki cukup waktu untuk mengeluarkan udara.

Hal yang harus diperhatikan adalah siapkan kamar bayi sebelum bayi menempatinya jauh-jauh hari, agar bahan kimia tersebut sudah hilang di udara

2. Memasang tirai dengan tidak benar

Tirai yang tidak dipasang dengan benar atau tidak diperbaiki dengan baik dapat menimpa anak Anda. Untuk mencegah cedera kepala, pastikan semua perangkat keras tirai dipasang langsung ke dinding atau diamankan dengan benar.

Jika salah memasang tirai, satu tarikan pada kain dapat membuat terjatuh dan menimpa ke anak Anda.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.