Kompas.com - 27/07/2021, 20:41 WIB
Ilustrasi ikan cupang bertengkar. SHUTTERSTOCK/STOCK4289Ilustrasi ikan cupang bertengkar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang adalah ikan hias yang dikenal sebagai ikan petarung. Oleh sebab itu, ada anjuran ikan cupang sebaiknya tidak ditempatkan dalam satu akuarium untuk menghindari pertarungan.

Faktanya, mencocokkan ikan cupang dengan bijak dengan teman akuarium lainnya bisa menjadi kunci untuk melihat semua ikan Anda bertahan hidup.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Selasa (27/7/2021), ikan cupang sangat teritorial dan cenderung bertarung dengan ikan lain yang berbagi akuarium dengan mereka. Ikan cupang jantan terutama suka menyerang ikan lain dengan menggigit siripnya.

Baca juga: Perhatikan, Ini 7 Tanda Ikan Cupang Mau Mati

Dan dalam kasus di mana ikan cupang berkelahi satu sama lain, perkelahian bisa berlangsung hingga 15 menit.

Ilustrasi ikan cupang.UNSPLASH/KYAW TUN Ilustrasi ikan cupang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, di alam liar, pertarungan akan berakhir ketika salah satu dari dua ikan cupang mundur, biasanya ini terjadi dalam beberapa menit.

Beberapa spesies dibiakkan khusus untuk bertarung, dan pertarungan ini bisa berlangsung hingga satu jam. Mereka hanya berakhir ketika salah satu ikan mati.

Meskipun sebagian besar ikan cupang tidak akan mencapai titik ini, pertarungan ikan cupang sangat kejam. Dengan kedua ikan menggigit sisik, sirip, ekor, dan insang ikan lainnya.

Baca juga: 3 Tips Perawatan Ikan Cupang yang Baru Dibeli agar Tetap Sehat

Pertarungan itu sendiri tidak akan membunuh ikan cupang, tetapi stres, kemungkinan infeksi, dan trauma dapat menjadi faktor kematian.

Nah, sebenarnya mengapa ikan cupang bertarung? Berikut ini penjelasannya.

Ikan cupang telah dipelajari selama bertahun-tahun oleh para ilmuwan dan ahli, untuk memahami penyebab sebenarnya dari perilaku agresif mereka.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.