Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alat Kebersihan yang Harus Segera Disingkirkan dari Rumah

Kompas.com - 27/07/2021, 22:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlengkapan kebersihan membantu tugas bersih-bersih rumah menjadi lebih praktis.

Namun, di sisi lain, alat kebersihan ini juga dapat menimbulkan kekacauan, yang akhirnya membuat rumah tampak kotor dan berantakan.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Ditambah lagi, dibanding benda lainnya di rumah, perlengkapan kebersihan menjadi salah satu barang yang jarang dirapikan, bahkan sering menumpuk di ruang penyimpan di rumah.

Untuk meminimalkan kekacauan, Anda perlu menyingkirkan beberapa alat kebersihan tersebut. Apa saja?

Dilansir dari laman Apartment Therapy, Selasa (27/7/2021), berikut ini lima perlengkapan kebersihan yang harus segera disingkirkan demi rumah tetap tertata dan bersih. 

Baca juga: 9 Peralatan Kebersihan yang Harus Diganti Secara Berkala

Botol semprot yang rusak

Ada beberapa rumah yang memiliki botol semprot lebih dari tiga, bahkan konyolnya botol semprot yang sudah tidak bisa berfungsi lagi pun masih disimpan di rumah. 

Tak heran, bila rumah menjadi berantakan. Untuk itu, sebaiknya segera menyingkirkan botol semprot yang sudah rusak dari rumah Anda.  

Baca juga: Cara Membersihkan Rumah Setelah Selesai Isoman

Kain lap yang bolong

Kain lap tidak harus sempurna, tetapi begitu kain lap mulai usang, sudah saatnya untuk menyingkirkannya. Kain lap yang bolong tidak akan maksimal dalam membersihkan rumah. Sebaliknya, kain lap bolong berisiko tersangkut di keran atau benda yang sedang dibersihkan. 

Sikat dengan bulu yang hancur

Sama dengan kain lap bolong, sikat dengan bulu yang sudah hancur juga kurang efektif dalam membersihkan. Segera singkirkan kuas dan ganti dengan sikat baru yang lebih bagus serta tahan lama.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Menjaga Kebersihan Talenan

Semprotan noda ekstra

Semprotan noda yang benar-benar dapat memberikan kekuatan ekstra tidak diperlukan jika semprotan serbaguna saja sudah dapat menyelesaikan pekerjaan. Ini hanya akan menambah kekacauan di rumah dan mubazir. 

Anda bisa menyingkirkan atau memberikan kepada orang lain yang membutuhkannya. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Rumah yang Tidak Harus Dipatuhi

Alat duplikat 

Apabila memiliki lebih dari satu sapu, kain pel, atau kemoceng, Anda cenderung menggunakan yang paling favorit setiap kali membersihkan rumah.

Nah, sebaiknya hanya menggunakan alat kebersihan favorit itu saja. Terlalu memiliki banyak alat justru malah lebih dapat menimbulkan kekacauan di rumah.

Sedangkan, alat duplikat disimpan saja dulu sampai nanti alat pertama rusak dan perlu diganti dengan yang baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com