Kompas.com - 28/02/2021, 20:18 WIB
Ilustrasi talenan. PIXABAY/ONZE CREATIVITIJDIlustrasi talenan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan peralatan dapur atau peralatan memasak penting untuk memastikan Anda sekeluarga tidak mengalami keracunan makanan.

Sebab, menurut NHS Direct, rata-rata talenan dapur memiliki sekitar 200 persen lebih banyak bakteri di atasnya daripada dudukan toilet.

Karena bakteri tidak terlihat, Anda mungkin tidak menyadari kontaminasi yang terjadi sehingga tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Ini berarti talenan berisiko tinggi terkontaminasi tanpa Anda sadari.

Baca juga: Cara Bersihkan Talenan Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Minggu (28/2/2021), ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan talenan di dapur.

Salah satunya adalah memiliki talenan dengan warna yang berbeda, satu untuk memotong daging dan satu lagi untuk memotong sayuran. Ini dilakukan untuk menghentikan kontaminasi.

Food Standards Agency (FSA) merekomendasikan kode warna talenan sesuai dengan apakah Anda menyiapkan makanan mentah atau siap makan, yang berarti setiap jenis makanan memiliki talenan khusus.

Namun, pada kenyataannya, hal itu tidak selalu terjadi di rumah yang sibuk.

Baca juga: Talenan Kayu Lebih Baik Ketimbang Talenan Plastik, Ini Penjelasannya

Berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan talenan, sehingga Anda terhindar dari penyakit dan keracunan makanan.

Hal yang harus dilakukan

1. Balurkan minyak mineral ke talenan kayu secara teratur.

2. Bersihkan noda makanan pada talenan plastik dengan mengoleskan air lemon segar atau botolan ke atasnya dan biarkan semalaman.

3. Jaga agar tetap bebas noda dan higienis, selalu gosok talenan dengan air panas yang mengalir atau, lebih baik lagi, tuangkan air matang ke atasnya untuk mensterilkannya.

4. Gunakan disinfektan pada talenan yang digunakan digunakan untuk memotong daging mentah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X