Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berlibur? Lakukan Hal Ini Terlebih Dulu di Rumah

Kompas.com - 11/07/2021, 12:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat Darurat atau PPKM Darurat setelah kembali meningkatnya kasus virus Covid-19 di Indonesia.

Akibat, masyarakat harus kembali menjalankan segala aktivitas di rumah. Hal ini juga membuat sejumlah orang terpaksa membatalkan rencana bepergian atau liburan demi mencegah penularan virus corona

Baca juga: Tinggalkan Tanaman Selama Liburan? Begini Triknya Merawatnya

Berbicara mengenai berlibur, biasanya banyak orang yang kurang memperhatikan keamanan dan kenyamanan rumah sebelum bepergian.

Kebanyakan orang hanya berfokus pada terkuncinya pintu rumah dan jendela. Padahal, mengamankan rumah saat berlibur tidak hanya mengunci pintu dan jendela.

Namun, ada beberapa langkah keamanan dan kenyamanan yang perlu dilakukan sehingga ketika pulang ke rumah tidak menemukan atau terkejut dengan hal-hal tak menyenangkan.

Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun? Persiapkan Hal Ini Dulu di Rumah

Nah, bagi Anda yang berniat berlibur usai pandemi ini, berikut ini sejumlah hal yang perlu dilakukan di rumah sebelum pergi berlibur seperti dilansir dari laman Family Handyman, Minggu (11/7/2021). 

Cabut peralatan elektronik

Mencabut berbagai peralatan elektronik selama berlibur tidak hanya menghindari risiko kebakaran atau korseleting listrik, tetapi juga menghemat tagihan listrik.

Cabut semua stopkontak peralatan elektronik yang tidak terkait dengan keamanan di rumah seperti AC, lampu kamar, kulkas, atau televisi

Baca juga: 5 Cara agar Tagihan Listrik Tak Membengkak Saat Liburan Akhir Tahun

Atur “mode liburan” pada pemanas air

Pengukur suhu pada sebagian besar pemanas air tangki mencakup "mode liburan". Hal ini mencegah unit membuang energi pemanas air yang tidak digunakan.

Namun, jangan lupa mengembalikan pengukur ke pengaturan biasanya setelah pulang berlibur. 

Atur waktu pemasangan lampu

Jika memiliki lampu pintar atau yang dapat diprogram, atur agar lampu menyala pada malam hari saja guna mencegah pencurian rumah kosong.

Pasalnya, lampu rumah yang tidak menyala pada malam hari kerap menandakan bahwa rumah dalam keadaan kosong. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Rumah untuk Liburan Akhir Tahun

Buang makanan yang mudah rusak

Buah-buahan, sayuran, dan bahan makanan yang mudah rusak lainnya harus dikeluarkan dari kulkas dan dapur sebelum pergi berlibur.

Sebab, hal itu akan menjadi masalah baru ketika pulang berlibur. Pastikan juga membuang sampah sebelum pergi.

Hentikan sementara pengiriman koran dan paket

Tumpukan koran di pintu rumah dapat bisa menjadi tanda selamat datang bagi calon pencuri. Hal ini juga berlaku untuk kotak surat atau paket yang tergeletak di teras rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com