Kompas.com - 17/12/2020, 06:53 WIB
Ilustrasi dekorasi natal di rumah. SHUTTERSTOCK/STANISLAW MIKULSKIIlustrasi dekorasi natal di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari euforia dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru yang kamu dan kelurga lakukan di rumah bisa membuat tagihan listrik menjadi bengkak.

Perayaan Natal dan Tahun Baru adalah waktu yang penuh dengan cahaya terang, oven yang bekerja lembur untuk memasak segala macam makanan maupun kue, serta AC yang mungkin terus dinyalakan dan lain sebagainya.

Jika ini terus dilakukan, maka dapat menambah tagihan listrik yang besar dan membuatmu kaget pada saat membayar tagihan listrik di bulan Januari nanti.

Baca juga: 5 Kebiasaan di Rumah yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Untuk mencegahmu boros dalam menggunakan listrik saat menuju Natal hingga tahun baru, berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghemat listrik yang dilansir dari beberapa sumber, Rabu (16/12/2020).

1. Pilihlah lampu Natal LED

Saat menghias rumah dengan beberapa hiasan lampu peri, gunakan lampu LED. Hal ini dapat memotong konsumsi listrikmu hingga 90 persen.

Langkah ini bagus untuk menjaga dompetmu sekaligus untuk kebaikan lingkungan yang lebih ramah.

2. Matikan lampu Natal jika tidak digunakan

Memasang hiasan kerlap-kerlip lampu Natal bukan berarti membuatmu harus menyalakannya tanpa henti. Hiasan lampu Natal baik itu di pohon Natal, tembok rumah atau pintu rumah sebaiknya hanya dinyalakan pada malam hari atau pada saat seluruh keluarga berkumpul.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghemat Daya Listrik AC

3. Pilih hiasan Natal berwarna terang atau dapat memantulkan cahaya

Memilih bahan hiasan Natal mampu memengaruhi listrik yang lebih hemat di rumahmu.

Daripada hiasan Natal berwarna pucat, hiasan dengan warna terang yang memiliki bahan untuk memantulkan cahaya seperti kaca atau logam akan lebih menghemat listrik.

Warna merah, emas dan hijau zamrud yang berkilau pasti akan sesuai dengan suasana Natal di rumahmu yang juga mampu membantumu tetap hemat listrik selama Natal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X