Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2021, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa dapur memiliki pencahayaan alami yang kurang baik dibanding ruang lainnya di rumah. Hal ini karena beberapa dapur berada di bagian belakang rumah.

Padahal, dapur merupakan area yang sering digunakan, dari menyiapkan sarapan, makan siang, makan malam, hingga membuat camilan. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Membuat Dapur Kotor dan Berantakan

Dilansir dari The Kitchn Kamis (24/6/2021), ada beberapa cara mencerahkan dapur secara alami meski minim cahaya alami. 

Tambahkan cermin 

Untuk memberikan pantulan cahaya alami atau buatan, gantung cermin di dapur. Cermin adalah trik mudah menciptakan ilusi lebih banyak cahaya dan ruang.

Dengan kemampuannya memantulkan cahaya, cermin dapat menerangi sudut dapur yang gelap. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kehadiran Semut di Dapur

Gunakan lampu gantung 

Apa yang harus dilakukan ketika pencahayaan di atas kepala sangat minim? Gunakan lampu gantung tepat di atas area dapur yang kurang pencahayaan.

Untuk memberikan sentuhan menarik, pilih lampu gantung sesuai dengan tema dekorasi dapu seperti lampu gantung dengan kap alumunium atau lampu gantung model industrial. 

Baca juga: Menurut Chef, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ada di Dapur

Tempelkan beberapa lampu di bawah kabinet 

Pencahayaan di bawah kabinet adalah solusi terbaik untuk dapur gelap dan sempit terlihat cerah atau terang. Pilih lampu neon atau lampu LED untuk mencerahkan ruang Anda. 

Tambahkan semburat warna 

Menambahkan semburat warna adalah salah satu cara mencerahkan dapur. Jika merasa dapur terlalu gelap, tambahkan beberapa bintik warna yang menyenangkan.

Baca juga: Tips agar Kegiatan Memasak di Dapur Jadi Lebih Teratur dan Cepat 

Mungkin Anda bisa meletakkan vas bunga, tirai, lampu, backsplash, atau karya seni. Berbagai benda ini akan mencerahkan ruang.

Ciptakan kontras dengan detail aksen 

Pilih satu tempat di dapur yang ingin dijadikan titik fokus. Misalnya, berikan warna di belakang wastafel atau satu blok di dinding dapur. Anda bisa mengecatnya ata umenempelkan stiker atau wallpaper dengan warna menarik. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Pestisida Sendiri Pakai Bahan di Dapur

Tambahkan sesuatu yang metalik 

Gunakan berbagai peralatan elektronik dengan warna metalik seperti teko atau kulkas sehingga dapat memantulkan cahaya ke ruang dapur.

Sama dengan cara kerja cermin, sesuatu dengan warna metalik dapat memberikan pantulan dan memberikan cahaya di dalam ruangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com