Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2021, 15:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara ikan dalam akuarium di rumah tak hanya sekadar hobi serta dapat menambahkan gaya dan suasana, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Tak heran, memelihara ikan dalam akuarium menjadi salah satu hobi menyehatkan. Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (24/6/2021), setidaknya ada lima manfaat memelihara ikan dalam akuarium di rumah.  

Baca juga: Berapa Lama Ikan Cupang Bertahan Tanpa Makanan?

Mengurangi stres

Stres sering disebut sebagai silent killer (pembunuh diam-diam). Seseorang dengan tingkat stres yang tinggi bisa memiliki banyak masalah kesehatan fisik.

Namun, percaya atau tidak, memelihara ikan dalam akuarium di rumah bisa menghilangkan stres. Hanya dengan memandangi ikan-ikan cantik yang berenang di akuarium bisa membuat seseorang merasa tenang dan rileks.

Selain itu, membuat dan menerapkan rutinitas harian untuk memelihara dan merawat ikan dalam akuarium juga dapat berkontribusi pada pengurangan stres secara keseluruhan. 

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Tidak Boleh Dipelihara di Wadah Kecil? Ini Sebabnya

Tidur lebih baik

Mengurangi stres dapat berdampak pada tidur yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ikan-ikan dalam akuarium menciptakan perasaan tenang dan damai.

Sering kali suara air yang menetes dan suasana menenangkan dapat berkontribusi pada tidur malam yang nyenyak. Jika benar-benar tertarik memelihara ikan, carilah ikan koi. Ikan ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Baca juga: Mengapa Ikan Cupang Suka Bertarung?

Menurunkan tekanan darah

Salah satu efek samping utama dari stres adalah tekanan darah tinggi atau peningkatan denyut jantung.

Studi yang dilakukan para ahli National Marine Aquarium, Plymouth University, dan University of Exeter, menemukan bahwa menatap ikan di akuarium bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Bahkan, peneliti menemukan bahwa detak jantung menurun tiga persen ketika orang hanya menatap akuarium kosong yang hanya berisi bebatuan dan rumput laut. 

Baca juga: 4 Cara Menyembuhkan Ekor Ikan Cupang yang Rusak

Saat ikan dimasukkan ke akuarium, peneliti menemukan bahwa detak jantung menurun lebih dari tujuh persen.

Mengurangi kecemasan

Manfaat memelihara ikan dalam akuarium selanjutnya adalah mengurangi kecemasan. Kecemasan sering dikaitkan dengan stres.

Karena itu, ketika kamu melakukan upaya sadar untuk mengurangi stres, itu akan berdampak positif pada pikiran dan perasaan cema. Saat merasa tenang dan santai, dapatmembantu mengurangi perasaan cemass dan takut. 

Baca juga: Ikan Cupang Suka Berkelahi? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Lebih produktif

Suara air dari akuarium ikan dapat menenangkan sehingga membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi, terlbih saat bekerja dari rumah sekarang ini atau WFH. 

Akuarium memiliki efek menenangkan yang serupa dengan suara ombak laut, hujan, dan aliran sungai saat sunyi. 

Baca juga: Beragam Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar

Jika masih bekerja dari rumah, tempat terbaik meletakkan akuarium adalah area atau ruang kerja. Meluangkan waktu melihat ikan-ikan dalam akuarium selama istirahat kerja dapat memberikan rasa rileks dan mempersiapkan pikiran untuk sesi kerja berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com