Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 10:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu bagian fasad rumah, pintu depan rumah juga dapat mempercantik huniah atau bangunan.

Pintu depan rumah memiliki gaya dan bahan material masing-masing yang sesuai dengan karakteristik bangunan itu sendiri. 

Baca juga: Feng Shui: 8 Pilihan Warna Pintu Rumah untuk Datangkan Energi Positif

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Minggu (20/6/2021), selain gaya keseluruhan dan bahan yang digunakan, warna juga memainkan peran penting dalam desain pintu rumah.

Namun, tren ini juga dapat bervariasi berdasarkan lokasi rumah, bahkan gaya rumah secara keseluruhan.

Misalnya, Anda dapat memilih pintu depan berwarna hitam modern pada rumah bergaya kontemporer atau pintu depan berwarna krem ivory pada hunian bergaya periode Victoria. 

Baca juga: 6 Pilihan Warna Pintu Depan Rumah yang Cantik dan Menarik

Pada akhirnya, pilihan cat yang Anda putuskan untuk pintu depan agak subjektif. Sebagai pertimbangan, berikut ini beberapa warna pintu depan rumah yang menjadi tren pada 2021. 

Nuansa pastel 

Pintu depan rumah yang dicat dengan warna pastel lembut menawarkan gaya yang lebih praktis, serbaguna, dan mampu melengkapi berbagai palet warna. 

Baca juga: 8 Cara Menarik untuk Mendekorasi Pintu Depan Rumah

Selain itu, pintu depan berwarna pastel memberikan estetika yang lebih klasik dan tak lekang oleh waktu yang memungkinkan berbeda dengan item lain di eksterior sehingga dapat menjadi pusat perhatian.

Secara keseluruhan, tren pintu depan berwarna pastel memberikan tampilan rumah yang ringan serta memberi perasaan tenang.  

Baca juga: Cara Mendapatkan Energi Baik Melalui Pintu Depan Rumah

Nuansa gelap 

Kebalikan dari warna pastel adalah warna yang lebih gelap. Nuansa yang lebih gelap menawarkan pintu depan rumah dengan palet yang kaya, tetapi menampilkan kesan berani serta menciptakan karakter dan minat visual.

Secara tidak sadar, pintu depan rumah berwarna gelap juga membuat rumah tampak hangat dan mengundang tamu untuk masuk. 

Baca juga: Tren Pintu Depan Rumah 2021

Warna hijau zamrud gelap dan merah burgundy dapat menjadi pilihan untuk pintu rumah berwarna gelap. Pintu rumah berwarna hitam juga menjadi tren, terutama jika dipasangkan dengan elemen lain seperti perangkat keras besi atau panel kaca halus. 

Warna cerah 

Tren warna pintu depan rumah lainnya adalah penggunaan warna yang lebih cerah. Seperti  disebutkan, warna pastel seperti biru atau kuning cerah dapat menawarkan gaya klasik juga  tampilan ceria pada eksterior rumah. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Kusen Pintu Kayu yang Bagus dan Kuat

Namun, di sisi lain, Anda bisa menggunakan rona jenuh yang lebih cerah seperti merah tua atau oranye untuk menarik perhatian dari jalan. Selain itu, warna pintu depan rumah biru tua akan selalu bergaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com