Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 13:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana kamar tidur yang nyaman dapat memberi ketenangan dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk memperolehnya, dapat dilakukan lewat berbagai cara, salah satunya mendekorasi kamar tidur

Dekorasi yang cantik tentu dapat meningkatkan kenyamanan di kamar tidur. Biasanya, salah satu area di kamar tidur yang kerap didekorasi adalah dinding di atas kepala tempat tidur. Umumnya, dinding ini sering diletakkan sebuah karya seni seperti lukisan. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat yang Sempurna untuk Dinding Rumah

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (17/5/2021), karya seni besar seperti itu dapat menciptakan titik fokus pada ruangan.

Akan tetapi, selain karya seni besar, ada berbagai hiasan yang dapat dijadikan dekorasi untuk dinding di kamar tidur. Berikut ini beberapa pilihan dekorasinya. 

Baca juga: Selain Tampah, Ini Beragam Dekorasi Rumah Menarik dari Material Bambu

Cermin

Cermin memiliki beberapa fungsi di dalam kamar tidur. Mulai dari, mempercantik ruangan, sebagai alat untuk berkaca, hingga memantulkan cahaya di sekitar ruangan.

Kemampuan cermin memantulkan cahaya alami pada pagi dan siang hari serta cahaya lampu pada malam hari, membuat ruangan tampak lebih terang dan luas. 

Baca juga: Pakai Cara Ini, Cermin dan Kaca Lebih Berkilau

Jika cermin di atas tempat tidur menghadap ke dinding kosong atau sesuatu yang agak menjemukan, gantunglah agak miring dan cermin akan memantulkan alas tidur berwarna-warni di bawahnya. 

Stiker 

Stiker menjadi pilihan yang lebih hemat untuk mendekorasi dinding kamar tidur. Dengan menggunakan stiker, Anda dapat memilih desain dan pola yang sesuai dengan kepribadian. 

Baca juga: 10 Cara Singkirkan Residu Stiker yang Menempel di Berbagai Permukaan

 

Pilih stiker bentuk kecil untuk digantung dari atas ke bawah dinding demi menciptakan desain menyeluruh. Atau pilih satu stiker besar untuk memberi efek di belakang tempat tidur atau di sekitar jendela. 

Cat

Tak hanya menambah warna atau ketenangan netral pada sebuah ruangan, penggunaan cat pada kamar tidur juga dapat menciptakan efek dekoratif pada dinding. Untuk karakter yang jelas, tandai pola geometris seperti garis-garis dalam dua warna atau lebih, papan catur, atau bentuk lainnya. 

Baca juga: 5 Tips Cat Kamar Abu-abu agar Terlihat Cerah dan Menyegarkan

Lukis desain buatan tangan dari kreasi Anda sendiri atau pilih dari banyak efek cat yang dapat memberikan berbagai tekstur pada dinding. 

Koleksi Dinding 

Terakhir, koleksi turun-menurun dari keluarga seperti piring atau bingkai vintage bisa menjadi pilihan untuk mendekorasi dinding di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Tampilan Ombre di Dinding, Lebih Keren dari Wallpaper

Letakkan berbagai benda tersebut di bagian kepala tempat tidur agar menjadi titik fokus yang sempurna. Cara lainnya, menggunakan rak terbuka untuk meletakkan berbagai koleksi antik Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com