Kompas.com - 06/05/2021, 22:39 WIB
Ilustrasi cat dinding ombre Unsplash/Pawel CzerwinskiIlustrasi cat dinding ombre

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tren rambut ombre sempat hits di dunia kecantikan, khususnya rambut. Ombre merupakan teknik gradasi pada proses pewarnaan rambut dengan menggabungkan dua warna untuk memberi dimensi pada rambut. 

Kini, tren itu banyak digunakan dalam desain atau dekorasi ruangan, yakni membuat tampilan dinding ombre dengan menggunakan dua warna cat

Baca juga: Tips Memadukan Warna Cat Pada Hunian

Penggunaan dinding bertekstur atau tampilan omber merupakan tren baru dalam desain interior minimalis. Ini adalah cara fantastis untuk menambah kehangatan dan ketertarikan ruangan, tapi tetap membuat ruangan tampak sederhana serta netral. 

Tampilan ini disebut-sebut tak kalah keren, bahkan lebih baik dari wallpaper. Lantas, seperti apa cara membuatnya? Melansir dari laman Real Homes, Kamis (6/52012), berikut ini lima cara membuat tampilan ombre pada dinding atau cat dinding ombre. 

Baca juga: Bangkitkan Mood dengan 8 Tren Warna Cat Kamar Tidur 2021

Bersihkan Dinding

Persiapkan dinding seperti yang biasa Anda lakukan saat mengecat. Demi menghindari kegagalan dan lebih mudah, sebaiknya pilih dinding kamar tidur karena ruangan ini tidak begitu besar. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, bersihkan semua wallpaper, kotoran, dan cat yang mengelupas dari dinding. Langkah terbaik adalah mengecat dinding dengan warna putih terlebih dahulu, terutama jika warna yang akan Anda terapkan sangat berbeda dari sebelumnya. 

Baca juga: Kenali, 8 Kesalahan dalam Memilih Warna Cat Dinding

Siapkan cat sesuai dengan kebutuhan. Sebagai pilihan, Anda bisa memakai cat matt putih cemerlang. 

Siapkan Cat

Untuk membuat tampilan ombre pada dinding, Anda perlu menyiapkan dua warna cat. Misalnya, warna putih yang sudah kamu terapkan sebelumnya dengan warna cat abu-abu. Ingat, Anda bebas memilih warna apa pun. 

Baca juga: Warna Cat Terburuk untuk Dinding Interior Rumah, Menurut Ahli

Untuk mendapatkan perubahan gradien yang lebih memanjang, campurkan kedua warna agar mendapatkan warna perantara. Caranya, tuangkan dua cat abu-abu ke cat putih dengan perbandingan 2:1, lalu aduk hingga menyatu. 

Tentukan Arah Gradiasi Ombre

Sebelum mengaplikasikan cat, Anda perlu memutuskan jenis ombre yang diinginkan. Gradien warna dapat berubah secara linier, horizontal, vertikal, bahkan diagonal. Pilih yang mana sesuai keinginan dan memungkinkan di ruanganmu. 

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Interior dan Eksterior Rumah yang Tepat

Halaman:


Sumber Real Homes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X