Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Singkirkan Residu Stiker yang Menempel di Berbagai Permukaan

Kompas.com - 06/05/2021, 10:08 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyingkirkan stiker atau label yang menempel pada berbagai permukaan benda maupun barang dapat dikatakan gampang-gampang susah.

Namun, melepaskan stiker yang sudah merekat begitu lama terkadang sangat sulit dilakukan, sehingga bantuan tangan dan kuku tampaknya tidak efektif.

Apabila kamu berurusan dengan residu stiker yang sulit disingkirkan, tampaknya kamu perlu melakukannya dengan bantuan beberapa bahan yang dapat membersihkannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Sisa Stiker dari Permukaan Kaca

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (6/5/2021), berikut ini ragam cara untuk menyingkirkan residu stiker yang menempel di berbagai permukaan.

1. Soda cuci

Kamu dapat menggunakan soda cuci (soda ash dense) atau natrium karbonat untuk menghilangkan label atau stiker dari botol kaca atau plastik.

Sumbat dan isi wastafel dengan air hangat, lalu tambahkan sekitar setengah cangkir soda cuci.

Aduk air sedikit, lalu rendam botol yang terdapat stiker atau label yang menempel ke dalam air sabun panas selama 30 menit. Stiker atau label harusnya langsung lepas.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air di Karpet, Dinding, dan Sofa

2. Selai kacang

Kandungan lemak pada selai kacang sangat efektif dalam melarutkan perekat stiker. Cukup oleskan lapisan tebal selai kacang pada stiker yang ingin kamu bersihkna, lalu diamkan selama 1 jam atau lebih.

Setelah menunggu 1 jam lebih, kamu bisa membersihkan sisa stiker dengan kain lembap.

3. Pengering rambut

Menggunakan panas adalah salah satu cara termudah dan terbersih untuk melepaskan stiker, dan ini sangat bagus untuk melepas stiker lama dari mobil.

Nyalakan pengering rambutmu, dan arahkan ke stiker atau residu stiker yang ingin kamu lepaskan, lalu tahan selama sekitar 30 detik agar udara panas mengendurkan perekat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com