Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran, Jangan Lupa Bersihkan 7 Benda Ini di Rumah

Kompas.com - 06/05/2021, 15:41 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, ada banyak hal yang mungkin kamu persiapkan. Mulai dari, membeli baju baru, menyiapkan kue kering, memasak makanan khas Lebaran seperti ketupat dan opor ayam, dan berbagai kegiatan lainnya.

Namun, kamu juga tak boleh lupa membersihkan rumah untuk menyambut Idul Fitri yang dirayakan setahun sekali agar bisa merayakannya dengan nyaman. 

Baca juga: Panduan Membersihkan Gorden di Rumah

Selain membersihkan berbagai ruangan rumah, ada pula barang-barang atau benda di rumah yang juga perlu kamu bersihkan sebelum Lebaran tiba.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021), berikut ini tujuh benda di rumah yang perlu dibersihkan menyambut Lebaran. 

Baca juga: 5 Bunga Beraroma Wangi yang Cocok Diletakkan di Ruangan Saat Lebaran

Kaca Jendela

Saking jarangnya, mungkin kamu sudah lupa kapan terakhir kali membersihkan kaca jendela di rumah. Jika kaca jendela terlihat kotor, segera bersihkan untuk membuatnya kembali kinclong agar suasana rumah siap menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Gorden

Masih berkaitan dengan sesuatu yang ada di dekat kaca jendela. Gorden yang menutupi bagian dalam kaca jendela rumah juga perlu dibersihkan. 

Baca juga: Mau Mengecat Rumah Jelang Lebaran? Lakukan Hal Ini Dulu

Biasanya, gorden menjadi barang yang jarang dibersihkan oleh kebanyakan penghuni rumah. Maka itu, jelang Lebaran ini menjadi waktu yang tepat untukmu membersihkannya. 

Kipas Angin

Tampilan kotor dari debu yang menumpuk di kipas angin tentu tidak bagus untuk diperlihatkan, terlebih jika ada keluarga dekat yang berkunjung ke rumah. 

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Genteng yang Biasa Digunakan Sebagai Atap Rumah

Entah itu, kipas angin gantung, kipas angin duduk, hingga kipas angin dinding, bersihkan semua alat penyejuk itu untuk merayakan Lebaran dengan suasana yang lebih bersih.

Saklar

Perhatikan semua saklar yang ada di rumah. Apakah tampak menguning, kotor, dan jarang dibersihkan? Jika iya, kamu harus membersihkan bagian ini sebelum Lebaran. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman dan Manusiawi

Karena pandemi Covid-19 terus berlangsung, penting membersihkan saklar karena benda ini paling rentan terhadap infeksi kuman dan virus akibat banyak tangan yang menyentuhnya. Jadi, pastikan semua saklar sudah kamu bersihkan dan diberi disinfektan sebelum Lebaran tiba.

Pintu dan Gagang Pintu

Saat Lebaran tiba, kemungkinan keluarga, kerabat, dan tetangga akan datang ke rumah untuk bersilahturahmi.

Karena pintu adalah jalan masuk utama untuk masuk ke dalam rumahmu, pastikan tampilan pintu tidal kotor. Jika tampilan catnya sudah tidak oke, mungkin kamu perlu mengecatnya kembali agar lebih enak dilihat. 

Baca juga: Inspirasi Kursi Kayu Cantik untuk Rumah Minimalis

Selain itu, bersihkan gagang pintu. Sama dengan saklar, gagang pintu juga merupakan benda yang sangat sering, bahkan selalu disentuh penghuni rumah sehingga berpotensi ada banyak kuman, bakteri, hingga virus yang menempel. 

Bersihkan gagang pintu terlebih dahulu untuk mengembalikan kilaunya, lalu semprotkan dengan larutan disinfektan untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Karpet

Karpet yang kotor dan bau tidak akan pernah baik digunakan pada momen Idul Fitri yang tiba setahun sekali. Pastikan kamu membersihkan karpet yang kamu miliki sebelum Lebaran tiba. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna untuk Area Rumah yang Sering Dilalui Anggota Keluarga

Jika terasa malas atau berat untuk membersihkan karpet, kamu bisa memanfaatkan jasa laundry yang ada di dekat rumahmu.

Sofa atau Kursi Tamu

Mengingat Lebaran adalah kegiatan menyambut orang-orang terdekat, pastikan ruang tamu beserta benda-benda di dalamnya, khususnya sofa atau kursi tamu ikut dibersihkan. 

Baca juga: 5 Penyegar Ruangan Alami agar Udara di Rumah Lebih Bersih

Singkirkan debu dan kotoran yang menempel pada sofa maupun kursi tamu milik agar tamu yang duduk merasa nyaman menempatinya. Begitu juga membersihkan meja tamu yang ada di sekitaran sofa atau kursi tamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com