Kompas.com - 06/05/2021, 14:52 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. UNSPLASH/VERONIQUE TRUDELIlustrasi tanaman hias di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya seperti manusia, tanaman juga akan memberikan sinyal jika mereka dalam keadaan tidak sehat.

Sinyal atau tanda-tanda tanaman tidak sehat beragam, mulai dari daunnya yang layu, kuning, kering, bahkan yang paling parah hingga mati.

Dilansir dari ABC Australia, Kamis (6/5/2021), sebenarnya tanda-tanda ini bisa Anda lihat dan segera atasi, misalnya jika daun tanaman terkulai ke bawah, Anda harus terlebih dahulu memeriksa seberapa kering tanahnya.

Baca juga: Manfaat Kaktus Selain Sebagai Tanaman Hias

Anda dapat menempelkan jari ke tanah untuk mengujinya, jika tanahnya kering mengartikan tanaman membutuhkan air, namun jika masih basah, kemungkinan tanaman mengalami busuk akar yang merupakan infeksi jamur pada akar yang disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan.

Berikut ini beberapa tanda tanaman dalam keadaan tidak sehat.

1. Daun tanaman menguning dan rontok

Daun yang lebih tua mungkin menguning dan rontok sebagai bagian dari proses penuaan alami, tetapi jika itu terjadi terlalu banyak atau pada daun yang lebih muda, hal ini mengartikan jika tanaman sedang bermasalah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak sinar matahari, jadi Anda bisa memindahkan tanaman di tempat yang lebih teduh. Daun menguning ini juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak atau kurang air.

Baca juga: 7 Cara Mempercantik Tanaman Hias di Dalam Ruangan

2. Ujung atau tepi daun berwarna cokelat

Tanda kedua adalah ujung atau tepi daun menjadi berwarna cokelat. Jika Anda baru saja memupuk tanaman, ini bisa menjadi tanda Anda terlalu banyak mengaplikasikannya.

Penyebab lainnya adalah udara kering. Banyak tanaman dalam ruangan yang berasal dari hutan hujan, sehingga telah beradaptasi dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Tanpa suhu yang lembap atau sama dengan habitat aslinya, mereka bisa layu dan coklat, bahkan ketika akarnya memiliki kelembaban yang cukup.

Untuk mengatasinya, berikan mereka air menggunakan semprotan sesering mungkin dan ingatlah untuk menyeka daun dengan kain lembap untuk menghilangkan debu.

Halaman:


Sumber ABC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X