Kompas.com - 06/05/2021, 11:15 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH Unsplash/Domenico LoiaIlustrasi bekerja dari rumah atau WFH

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan saat ini masih memberlakukan work from home atau WFH lantaran belum berakhirnya pandemi virus corona. Bekerja dari rumah tidak hanya mengubah gaya bekerja, tapi juga mempengaruhi rutinitas pembersihan di rumah.

Pasalnya, rumah bukan hanya menjadi tempat tinggal, melainkan juga tempat bekerja. Tentu ini membuat Anda harus melakukan pembersihan lebih banyak dan sering, baik pada barang-barang maupun area di rumah. 

Baca juga: Masih WFH? Buat Ruang Kerja Nyaman dengan Cara Ini

Hal ini tak lain karena barang serta area tersebut kini lebih sering digunakan untuk bekerja. Pembersihan juga dilakukan demi menghindari terjangkit virus Covid-19 dan rumah tetap bersih selama WFH.

Nah, berikut ini enam barang dan area yang harus sering-sering Anda bersihkan selama WFH dilansir dari Real Simple, Kamis (6/5/2021).  

Baca juga: Tren WFH Dongkrak Permintaan Rumah?

Piring dan Peralatan Makan

Bekerja dari rumah tentu membuat Anda lebih sering makan di rumah, baik sarapan, makan siang, maupun makan malam. Akibatnya, kegiatan mencuci piring menjadi lebih sering. Hal ini juga membuat mesin pencuci piring kelelahan karena terlalu sering digunakan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demi mempermudah pekerjaan dan menjaga keawetan mesin cuci piring, atur jadwal mencuci piring. Rendam piring sarapan, piring makan siang, dan peralatan makan lainya menjadi satu. Cuci piring menggunakan mesin pencuci piring sebelum waktu makan malam agar wastafel tetap bersih saat memask. 

Baca juga: Ternyata, Ini 10 Tanaman Hias Terpopuler Selama Periode WFH

Setelah makan malam, segera cuci piring dan peralatan makan yang digunakan agar memudahkan waktu pembersihan pada hari berikutnya serta membuat kegiatan bersih-bersih menjadi teratur. 

Laptop dan Keyboard

Sudah menjadi rahasia umum bahwa laptop menjadi benda yang paling sering digunakan saat WFH. Tanpa adanya laptop, bekerja dari rumah tidak akan efektif. Lantaran sering digunakan, bukan tak mungkin laptop dapat menjadi sarang bakteri.  

Baca juga: Dampak WFH, Banyak Orang yang Berminat Tinggal di Luar Jakarta

Mengingat, laptop kerap disentuh tangan, apalagi bila tangan kotor atau jarang mencuci tangan. Karena itu, menjaga kebersihan laptop dan keyboard merupakan hal penting. Namun, membersihkan peralatan elektronik perlu berhati-hati.

Beberapa pembersih mewah mungkin tidak aman untuk semua jenis layar laptop. Sebaiknya, gunakan kain mikrofiber yang sedikit lembap, bukan basah, untuk menghilangkan sidik jari. 

Baca juga: Duduk di Atas Laptop hingga Tidur Meringkuk, Arti Bahasa Tubuh Kucing

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X