Kompas.com - 06/05/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi tanaman hias Monstera adansonii atau janda bolong. SHUTTERSTOCK/IWANDIlustrasi tanaman hias Monstera adansonii atau janda bolong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencinta tanaman hias pasti sudah tak asing dengan tanaman janda bolong. Ya, tanaman yang masih tergolong dalam keluarga Araceae ini sedang populer di kalangan masyarakat dan dijadikan pemanis ruangan.

Disebut janda bolong karena daunnya memiliki banyak lubang. Karena keberadaannya yang saat ini sedang diburu banyak pencinta tanaman, harga janda bolong pun meroket hingga puluhan juta.

Baca juga: Kenapa Daun Janda Bolong Berlubang? Ternyata Ini Penyebabnya 

Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa menanamnya sendiri di rumah agar lebih menghemat biaya. Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin mencoba menanam sendiri janda bolong di rumah, ada tips mudah agar tanaman monstera ini tumbuh subur.

Melansir dari kanal YouTube Channel Zamroni, Kamis (6/5/2021), berikut ini cara menanam janda bolong agar subur.

Media Tanam

Media tanaman yang digunakan pada tanaman janda bolong harus terdiri atas empat campuran, yakni sekam bakar, kompos, pupuk kandang, dan tanah liat dengan perbandingan 1:1. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Monstera Deliciosa, Kerabat Janda Bolong yang Buahnya Bisa Dimakan

Selain itu, sebelum menanam janda bolong, persiapkan benda-benda yang dibutuhkan seperti dua pot ukuran kecil dengan lubang di bagian bawahnya. Pot yang berlubang ini memungkinkan air untuk meresap hingga akar.

Pemupukan

Ilustrasi tanaman hias.KOMPAS.COM/DEWANTORO Ilustrasi tanaman hias.

Setelah mendapatkan media tanaman untuk janda bolong, hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan ialah proses pemupukan. 

Baca juga: Jenis Monstera Paling Mahal, Apakah Janda Bolong?

Selain penyinaran, lingkungan yang teduh serta pupuk yang baik juga berpengaruh pada kesuburan tanaman.

Dalam proses penanaman, janda bolong membutuhkan pupuk organik yang dicampur dengan lima liter air cucian beras, satu tutup EM 4 atau cairan bakteri fermentasi, serta dua buah gula merah. 

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Tanaman Hias Populer, Janda Bolong hingga Caladium

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X