Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Kompas.com - 26/04/2021, 21:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai alas kaki, sepatu berfungsi melindungi kaki dari benda-benda tajam atau berbahaya yang dapat melukai kaki ketika berjalan. Biasanya, sepatu dikenakan di luar rumah. Ketika memasuki rumah, alas kaki ini barulah dilepas.

Melepas sepatu sebelum masuk ke rumah telah menjadi kebiasaan yang dilakukan orang. Rupanya, hal itu tidak hanya berkaitan dengan norma kesopanan dan kebersihan, tapi juga memiliki hubungan dengan kesehatan

Baca juga: Tips Menyimpan Sepatu agar Awet

Mengenakan sepatu di dalam rumah ternyata dapat mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini sederet alasan mengapa tidak boleh memakai sepatu di dalam rumah seperti dikutip dari laman Readers Digest

Tempat Berkembang Biak Bakteri

Studi yang dilakukan Universitas Arizona menemukan bahwa sepatu menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang dapat mendatangkan malapetaka bagi tubuh. Ada lebih dari 400 ribu bakteri dalam sepasang sepatu. 

Baca juga: Awas, Gagang Pintu kulkas Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Salah satu bakteri paling besar adalah e-coli, bakteri yang diketahui menyebabkan gangguan pencernaan yang parah. Ditambah lagi, sepatu menginjak tanah yang sebenarnya membantu mahluk mikroskopis ini berkembang di tapak sepatu.

Menyerap Racun

Sepatu digunakan orang ke segala tempat dan melewati banyak tempat, termasuk rumput. Apabila sepatu menginjak rumput, bukan tidak mungkin terkena pupuk rumput dan pembunuh gulma. Begitu pun ketika melintas di jalanan. Mungkin alas sepatu menginjak sisa bensin. 

Baca juga: Tambahkan Bahan-bahan Ini Saat Mencuci Pakaian untuk Basmi Bakteri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kontak lama dengan bahan kimia seperti ini dapat mendatangkan bahaya. Bayangkan bila sepatu ini tanpa atau secara sengaja dikenakan di dalam rumah. Anda telah melepaskan racun itu ke udara yang dihirup keluarga setiap hari.

Merusak Lantai

Memiliki lantai keramik yang bersih dan tidak ada cacat tentu menjadi harapan bagi banyak orang. Keramik yang bersih dan tidak retak membuat rumah semakin rapi serta cantik.
Mengenakan sepatu tidak hanya mengotori lantai, tapi juga merusaknya. 

Baca juga: Langkah-langkah Membersihkan Tumbler dari Bakteri

Sepatu dengan alas yang kasar atau keras, terlebih bila terdapat paku yang menempel, dapat membuat lantai tergores. Tak heran, mengapa kita harus melepaskan sepatu sebelum masuk ke rumah.

Meringankan Pekerjaan Membersihkan Rumah

Sudah pasti mengenakan sepatu di dalam rumah membawa kotoran, debu, dan kuman ke dalam rumah yang menempel di lantai. Hal ini tidak hanya dapat menimbulkan penyakit, tapi juga menambah pekerjaan Anda membersihkan rumah. 

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Mencuci Tas Belanja

Tentu Anda tidak akan membiarkan kotoran, debu, dan kuman itu berdiam lama di lantai. Segera sapu dan pel lantai menggunakan pembersih lantai dengan kandungan ampuh membunuh kuman. Karena itu, tidak memakai sepatu di dalam rumah akan meringankan kegiatan bersih-bersih di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com