Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Patut Diketahui Jika Ingin Merawat Tanaman Rambat

Kompas.com - 22/04/2021, 17:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon bukan satu-satunya tanaman yang dapat digunakan untuk menaungi area yang panas dan cerah di musim panas. Tanaman merambat dapat menciptakan dinding hidup yang teduh serta sejuk dari terik matahari.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (22/4/2021), untuk membuat tanaman rambat sebagai naungan dari paparan sinar matahari, hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan jenis struktur apa yang akan Anda gunakan untuk tanaman itu akan tumbuh.

Beda tanaman, beda struktur

Tanaman merambat seperti hydrangea dan wisteria membutuhkan naungan yang kuat dari pergola atau punjung.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Bunga Melati Rambat dan di Dalam Ruangan

Punjung merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan gapura yang dibuat oleh pepohonan hidup, namun di zaman modern, disebut dengan terowongan hijau.

Punjung biasanya digunakan untuk menggambarkan struktur kecil yang dibangun untuk tanaman merambat untuk memanjat.

Sedangkan untuk tanaman rambat seperti morning glory, black eyed susan vine, clematis dapat tumbuh lebih kecil dan mampu disangga dengan penyangga yang lebih lemah seperti bambu.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui kebiasaan tumbuh tanaman rambat agar tumbuh dengan baik dan subur. Tanaman merambat biasanya bertumbuh dengan melilit struktur atau menempel pada struktur dengan akar udara.

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Cantik Merambat untuk Teduhkan Kanopi Rumah

Tanaman merambat dengan akar udara dapat dengan mudah memanjat diding pagar, dan kayu. Tanaman merambat yang melilit biasanya perlu dilatih di atas teralis untuk menumbuhkan dinding yang kokoh.

Pilihan tanaman rambat

Untuk menutupi area yang terpapar sinar matahari, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman rambat yang dapat cepat menutupi struktur yang ringan dan menciptakan keteduhan dengan bunga yang indah, seperti morning Glory, black eyed susan vine, dan clematis.

Sementara itu, jika Anda memiliki naungan yang lebih berat, atau tempat yang dikhususkan untuk berteduh, dapat merawat berbagai tanaman rambat seperti climbing hydrangea, wisteria, climbing roses (mawar rambat), grape vine, dan scarlet trumpet vine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com