Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2021, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dikenal sebagai sahabat manusia karena kesetiaannya. Anjing bisa sangat semangat dengan ekor yang bergoyang-goyang dan membalas kasih sayang dengan mengais atau menjilati.

Tidak heran jika cinta tanpa syarat pada anjing memiliki kekuatan untuk membuat orang lebih bahagia. Anjing berbagi ikatan khusus dengan pemiliknya, tetapi terkadang, persahabatan mereka mungkin terasa terlalu konstan.

Misalnya, anjing selalu mengikuti kita, pemiliknya, ke mana-mana, bahkan ke kamar mandi? Nah, mengapa anjing mengikuti kita kemana-mana?

Baca juga: 5 Alasan Anak Anjing Baik untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Dikutip dari Southern Living, Minggu (28/3/2021), naluri adalah sebagian besar alasannya. Menurut American Kennel Club (AKC) , hewan peliharaan yang menempel di sisi pemiliknya sering disebut "anjing velcro".

Anjing adalah hewan pengangkut alami, AKC menjelaskan, dan manusia menjadi kawanan mereka. Juga umum bagi anak anjing untuk membekas pada pemiliknya dan memandang mereka seperti ibunya.

Memberikan dorongan positif kepada anjing seperti kasih sayang dan camilan bisa menjadi alasan lain untuk perilaku mereka yang melekat. Ketika diberi hadiah karena mengikuti Anda setiap saat, anjing akan terus melakukannya.

Selain itu, mungkin lebih umum untuk ras tertentu (seperti anjing pekerja atau penggembala) untuk lebih menempel pada manusia daripada yang lain, kata AKC. Jenis-jenis anjing ini dibiakkan untuk bekerja bersama manusia, jadi mengikuti Anda ada dalam DNA mereka.

Baca juga: Alasan Anjing Sering Terengah-engah dan Menjulurkan Lidah

Anjing juga mungkin mencoba memberi tahu Anda sesuatu dengan mengikuti Anda. Misalnya, dia mungkin bosan dan mencari teman bermain, dia mungkin lapar dan siap untuk makan malam, atau dia mungkin perlu keluar untuk menggunakan kamar mandi.

Perhatikan tanda-tanda kecemasan akan perpisahan. Jika anjing merasa tertekan saat Anda meninggalkannya, dia mungkin mengalami kecemasan akan perpisahan.

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk membantu menetapkan batasan yang sehat dan membuat waktu menyendiri lebih menyenangkan bagi hewan peliharaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com