Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Handuk Harus Dicuci? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 27/03/2021, 08:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk menjadi salah satu benda yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga kebersihannya harus sangat diperhatikan. Mulai dari cara meletakkannya hingga pencuciannya.

Handuk yang diletakkan di dalam kamar mandi akan menyebabkan kelembaban yang berlebih dan menyebabkan kuman berkembang biak dengan cepat.

Begitu juga dengan waktu mencucinya, jika tidak dicuci dengan benar akan menimbulkan bau tak sedap dan kuman serta bakteri yang berkembang biak.

Baca juga: Ide Membuat Gantungan Handuk di Kamar Mandi

Dilansir dari Hunker, Sabtu (27/3/2021), sebenarnya Anda harus mencuci handuk minimal setelah tiga kali penggunaan, bukan setelah beberapa hari.

Handuk juga hanya boleh digunakan oleh satu orang dan tidak boleh digunakan bersama, terutama saat musim flu atau saat seseorang sedang sakit.

Hal ini akan mengurangi penyebaran bakteri di antara anggota keluarga atau orang yang berbagi ruang yang sama.

Di sela waktu pencucian, handuk harus digantung sedemikian rupa sehingga dapat benar-benar kering. Handuk tidak boleh ditumpuk di lantai yang tetap lembap alih-alih mengering karena bakteri tumbuh dengan cepat di lingkungan yang lembab. 

Baca juga: Handuk Harus Dicuci Seminggu 2 Kali, Ini Sebabnya

Mencuci handuk tangan

Handuk tangan biasanya ditemukan di setiap kamar mandi atau dapur. Karena sudah digunakan secara teratur, dianjurkan agar Anda mencuci handuk tangan setiap beberapa hari.

Handuk tangan digunakan setelah mencuci piring, mencuci tangan, menyikat gigi, dan tentu saja, menggunakan toilet sehingga lebih sering bersentuhan dengan bakteri daripada handuk lain, terutama bila digunakan oleh banyak orang.

Jika Anda kedatangan tamu, pastikan untuk mengganti handuk tangan Anda setelah mereka pergi. Berikut beberapa langkah untuk mencuci handuk dengan benar:

Langkah 1
Pisahkan handuk putih dari handuk berwarna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com