Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Terjadi Jika Tak Sering Mengganti Handuk Mandi

Kompas.com - 02/03/2021, 15:19 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Handuk adalah benda yang seringkali bersentuhan langsung dengan tubuh. Kain yang mudah menyerap ini sangat membantu kita untuk mengeringkan tubuh setelah mandi.

Karena digunakan saat kamu menilai bahwa tubuhmu sudah bersih, kita seringkali merasa bahwa handuk tak harus sering diganti karena masih terlihat bersih.

“Saat kamu mengatakan sudah membersihkan bakteri, tak semua anggapanmu benar, kamu hanyaa membasuh beberapa bakteri,” kata Philip Tierno, PhD, profesor klinis patologi dan mikrobiologi di NYU School of Medicine seperti dilansir dari Reader's Digest, Selasa (2/3/2021).

 

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Handuk Jarang Dicuci

Tetapi bakteri lain akan bertahan, dan saat kamu menggunakan handuk setelah mandi, bakteri akan berpindah. Begitu bakteri itu ada di handuk, mereka akan mulai berkembang biak.

“Itu terus menumpuk saat kamu menggunakan handuk lagi hari demi hari,” kata Chuck Gerba, PhD, seorang profesor mikrobiologi di Universitas Arizona.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr Gerba menemukan bahwa handuk tangan bekas pakai memiliki bakteri coliform 1.000 kali lebih banyak daripada yang baru dibeli.

Bakteri menyukai lingkungan yang gelap dan lembab, jadi mereka akan berkembang biak di kamar mandi beruap dengan pintu tertutup, atau saat kamu hanya menjemur handuk di dalam ruangan.

Baca juga: Handuk Harus Dicuci Seminggu 2 Kali, Ini Sebabnya

Infeksi dan jerawat

Mengeringkan tubuh dengan handuk kotor akan membuatmu berisiko terkena infeksi.

“Saat kamu menggunakan handuk dengan keras, (kain handuk) akan menggores kulit,” jelas Gerba. Kerusakan kecil di kulit bahkan yang terlalu kecil untuk disadari, memberi bakteri jalan masuk untuk masuk ke tubuh.

Meskipun ini sangat jarang terjadi, namun spesialis penyakit menular Aaron Glatt, MD, FACP, FIDSA, FSHEA, juru bicara Masyarakat Penyakit Menular Amerika dan ketua kedokteran dan ahli epidemiologi rumah sakit di South Rumah Sakit Komunitas Nassau mengatakan bahwa kumanmemang tidak akan membuatmu langsung jatuh sakit.

“Tetapi kamu (akan) meningkatkan peluang terkena penyakit saat berbagi handuk (dengan orang lain),” kata Gerba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com