Kompas.com - 02/03/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik ShutterstockIlustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik atau kerap disebut mati lampu merupakan hal yang terkadang bisa terjadi pada sebuah pemukiman atau wilayah.

Terjadinya pemadaman listrik biasanya dikarenakan adanya upaya perbaikan atau pemeliharaan di suatu tempat, atau telah terjadinya sebuah bencana.

Dan, apabila suatu saat rumahmu mengalami pemadaman listrik, maka ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan, sekalipun kamu akan merasa sangat bosan.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mati Listrik

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (2/3/2021), terdapat beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat terjadi pemadaman listrik di rumahmu.

1. Jangan nyalakan banyak lilin

Saat pemadaman listrik terjadi di malam hari, sudah pasti itu membuat suasana dalam rumah jadi gelap gulita, sehingga lilin dianggap sebagai sumber cahaya saat mati listrik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, menyalakan lilin, terlebih dalam jumlah yang terlalu banyak bisa berisiko menyebabkan kebakaran.

Lilin juga tidak memberikan cahaya yang kuat, jadi lebih baik kamu menggunakan lentera yang terang atau lampu darurat. Tapi, jika kamu tidak ada pilihan untuk menyalakan lilin, pastikan untuk tidak meninggalkannya tanpa pengawasan.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Periksa 7 Peralatan Elektronik Ini

2. Jangan membuka kulkas

Setiap kali kamu membuka pintu kulkas atau freezer, kamu telah mengeluarkan udara dingin di dalamnya, dan kulkas tidak akan bisa mendinginkan kembali hingga listrik menyala lagi.

Namun, kulkasmu yang belum dibuka dapat menyimpan makananmu pada suhu yang aman setidaknya selama 4 jam. Jadi cobalah untuk tidak membuka kulkas kecuali benar-benar diperlukan.

3. Jangan bermain ponsel

Saat mati listrik terjadi di rumahmu, memainkan handphone mungkin jadi cara untuk menghilangkan kebosanan dan mati gaya.

Tapi, pertimbangkan kembali saat kamu ingin terus-terusan bermain handphone, dan pikirkan untuk menghemat baterainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X