Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 09:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya tanaman hias di dalam pot, namun Anda juga dapat merawat tanaman hias air.

Taman air telah populer sejak zaman kuno baik di ruang pribadi maupun publik. Air menenangkan dan menarik bagi semua indera kita. Air juga menarik satwa liar yang bermanfaat seperti penyerbuk, katak, dan burung untuk mengunjungi taman Anda.

Dilansir dari Country Living, Sabtu (20/3/2021), tanaman air bukan hanya tentang kecantikannya saja, namu mereka juga membantu mengontrol pertumbuhan alga di air.

Baca juga: Tanaman dalam Pot Ternyata Butuh Perawatan Ekstra Selama Musim Hujan

Ada beberapa jenis tanaman air, yakni tanaman terapung, yang tetap berada di permukaan dan mengekstraksi nutrisi dari air.

Tanaman terendam, juga disebut oksigenator, yang mengapung di permukaan air tetapi bisa ditanam di pot yang diletakkan di dasar kolam. Tanaman rawa, yang dapat bertahan hidup dengan air hingga 3 inci di atas mahkota tanaman (atas), serta tanaman air dalam, yang dapat ditutupi oleh 4 hingga 10 inci air di atas mahkotanya.

Karena ruang terbatas di taman air, pilihlah berbagai tanaman untuk menambah warna, minat, ketinggian, dan pengendalian alga.

Selain itu, pilih tanaman air yang asli atau non-invasif sehingga Anda tidak akan secara tidak sengaja memperkenalkan spesies agresif yang menyumbat saluran air atau mengambil alih habitat satwa liar.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Tanaman Hias Indoor Mati

Berikut beberapa tanaman air yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

Ilustrasi bunga rain lily. PIXABAY/ELLENCHAN Ilustrasi bunga rain lily.

1. Rain lily atau Zephyr lily

Bunga lili hujan terlihat indah di tepi kolam. Tanaman rawa ini mekar sepanjang musim panas hingga musim gugur, mekar setelah hujan.

2. Bunga teratai

Bunga teratai tersedia dalam berbagai warna termasuk kuning, merah muda, ungu, merah atau putih.

Tanaman yang berasal dari rimpang ditanam di tanah, kemudian direndam dalam air hingga kedalaman 6 inci. Bunga akan tampak mengapung di permukaan.

Baca juga: Daun Menguning pada Tanaman Hias Belum Tentu karena Hama, Lalu Apa?

3. Dwarf papyrus

Dwarf papyrus adalah tanaman rawa dengan bentuk yang bagus dan tegak untuk memberikan bunga vertikal pada taman Anda.

4. Blue eyed grass

Tanaman rawa mungil ini akan tahan terhadap banyak kelembapan dan terlihat menyenangkan ditanam di sepanjang tepi fitur air.

5. Tanaman mozaik

Daun dari pola "mosaik" yang menarik. Tanaman terapung ini memiliki bunga kuning yang cantik dari bulan Juni hingga Agustus.

6. Blue flag iris

Tanaman kolam asli yang indah ini memiliki dedaunan yang menarik memberikan bunga vertikal yang bagus sepanjang tahun. Ini dapat ditanam di kolam yang terendam hingga 3 inci di atas mahkotanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com