Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Plus dan Minus Smart Lock Sebelum Pasang di Rumah

Kompas.com - 25/02/2021, 16:16 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Smart lock atau perangkat kunci pintar adalah alternatif untuk mengganti kuci pintu mekanis tradisional dengan menggunakan kunci logam untuk membuka dengan teknologi terkini.

Kunci pintu jenis ini semakin populer dan dipercaya oleh konsumen karena memiliki banyak fitur unggulan seperti keamanan tinggi, mudah digunakan dan awet.

Smart lock menawarkan megunci dan membuka pintu rumah dengan teknologi terkini yakni menggunakan kartu magnetik, kunci sidik jari atau kunci dengan variasi kode tertentu.

Baca juga: Mengenal Smart Lock, Perangkat Keamanan Pintu Canggih Tanpa Kunci

Sebelum kamu memasang teknologi ini di rumah, ada baiknya menyimak plus dan minus dari perangkat smart lock ini. Berikut pemaparannya.

1. Keuntungan mengganti kunci tradisional dengan smart lock

- Kenyamanan

Dikutip dari Heleh, Kamis (25/2/2021), menggunakan smart lock artinya kamu tak perlu membawa kunci, sehingga kamu tak perlu takut akan kehilangan kunci, atau lupa meletakkannya dimana.

Selain itu, smart lock akan menutup dan mengunci pintu secara otomatis, saat kamu lupa menguncinya dan meninggalkannya begitu saja.

Smart lock juga bisa dikendalikan dengan ponsel pintar milikmu.

-Waktu buka atau menutup cepat

Dengan kunci mekanis normal, kamu hanya perlu beberapa menit untuk membuka pintu, serta, pintu juga akan menutup secara otomatis dan juga cepat.

Baca juga: Smart Lock Vs Kunci Tradisional, Kelebihan dan Kekurangannya

Smart lock juga akan menghemat waktumu. Untuk membuka, kamu hanya membutuhkan waktu 3-5 detik dan pintu akan menutup dan mengunci secara otomatos sesaat setelah kami pergi.

- Keamanan yang tinggi

Kunci pintu menggunakan sidik jari untuk membuka sehingga sulit untuk dipalsukan. Smart lock sangat terstruktur yang terdiri dari 5 kait, bukan 2 kait seperti kunci yang normal.

Lubang kunci diganti dengan pembaca biometrik atau unit pendeteksi smartphone sehingga tidak akan ada fenomena pecah. Sehingga, bila ada seseorang yang ingin membobol rumahmu, kunci pintu akan mengeluarkan bunyi alarm.

- Kontrol ketat masuk atau keluar

Dengan pemasangan kunci smart lock, kamu akan memiliki kontrol akses penuh. Faktanya, Smart lock adalah perangkat elektronik, yang memungkinkan kamu mencatat tanggal, waktu, orang yang masuk dan keluar kapan saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com